Faktual dan Berintegritas




Para pelajar baru saja selesai menerima rapor semester ganjil. Ini pertanda libur telah tiba.

Libur pergantian semester ganjil ke genap seiring dengan liburan pergantian tahun. Artinya pelajar dapat liburan lebih panjang.

Bagaikan sebuah tradisi, liburan sekolah sering diisi dengan berdarmawisata. Ada yang berdarmawisata dalam provinsi saja dan banyak pula yang melakukan perjalanan jauh ke provinsi lain, hingga antar pulau.

Layaknya liburan dalam jumlah banyak, rombongan atau grup, maka salah satu alat transportasi yang diburu adalah bus pariwisata. Dengan memakai bus secara carteran, mau ke mana saja pasti akan diantar.

Saat ini bisnis atau usaha penyewaan bus pariwisata tengah booming. Berbagai keunggulan bus dan pelayanan ditawarkan pemilik usaha.

Karena itu, perlu berhati-hati dalam memilih bus yang akan dicarter untuk liburan. Ada beberapa pertimbangan yang harus menjadi perhatian sebelum mencarter bus pariwisata.

Pertama pastikan bus yang ditawarkan laik jalan. Jangan sampai, setengah jalan, busnya mogok. Bisa juga dilihat batas kir pada bus yang tertera pada dinding, masih hidup atau sudah mati?

Kedua pastikan fasilitas dalam bus memadai, antara lain AC nyala atau tidak? Punya alat pemadam api ringan (apar) atau tidak? Punya alat pemecah kaca atau tidak?

Jika mau memakai bus pariwisata untuk perjalanan luar provinsi, sebaiknya gunakan bus yang dilengkapi toilet. Ini penting demi kenyamanan.

Perlu diketahui saat ini bejibun banyaknya bus pariwisata di jalanan. Dari jumlah yang banyak itu, sebagian di antaranya adalah bus bekas. Nah, karena itu berhati-hati lebih baik sebelum kecewa. Selamat berlibur! (espe)
 
Top