Faktual dan Berintegritas


PADANG - Masa libur bagi pelajar  sudah berlangsung selama beberapa hari. Masa liburan ini dimanfaatkan sebagian besar pelajar untuk melakukan perjalanan baik dalam daerah maupun ke luar provinsi.

Masa liburan sekolah saat ini juga bertepatan dengan liburan Natal dan Tahun baru 2020. Hanya saja, kondisi liburan tahun ini sepertinya tidak berimbas pada peningkatan jumlah penumpang pesawat udara.

Pantauan swapena.com, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) selama liburan ini terlihat sepi. Ini menandakan masyarakat yang berlibur tidak menggunakan jasa angkutan udara.

Seat pesawat jurusan Padang-Jakarta banyak yang kosong. Menurut pengakuan sejumlah warga, masyarakat dan anak sekolah lebih memilih menggunakan bus. Apalagi saat ini masyarakat leluasa memilih bus untuk berwisata.

Selain itu, yang paling penting adalah harga tiket pesawat mahal. Saat ini, harga tiket pesawat berbiaya murah rata-rata di atas Rp1 juta sekali jalan Padang-Jakarta, atau sebaliknya.

 "Pakai pesawat ke Jakarta satu kali jalan, sama dengan naik bus Padang-Jakarta-Padang untuk dua orang," ujar seorang warga mengaku bernama Popi.

"Yo, rancak naiak bus lai, bisa pulo mancaliak pemandangan. Bus kini rancak-rancak dan mewah-mewah," kata warga lain mengaku bernama Tio.

Seorang awak kabin salah satu maskapai penerbangan Padang-Jakarta yang ditanya swapena.com, Sabtu (28/12) mengakui sepinya penumpang dari Padang. Namun sebaliknya dari Jakarta penuh. "Iya sepi, tapi dari Jakarta tadinya penuh," kata dia. (sp)
 
Top