Faktual dan Berintegritas


AGAM - Langkah demi langkah untuk menjadi Desa Model terus diwujudkan oleh Pemerintahan Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek,  Kabupaten Agam, Sumatera Barat di bawah kendali Walinagari Zulhendra, S.HI. Terbukti  Selasa (3/12) ini nagari itu dikunjungi  tim dari Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat (DPRM)  Pendidikan Tinggi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan rombongan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang (UNP).

Tim dari Direktorat PRM yang dipimpin oleh DR. Dra. Isti Hidayah, M.Pd yang merupakan Reviewer DPRM Pengabdian Kepada Masyarakat dan Nadya Mardiana Rahmania, S.Kom  staf Iptek bagi Masyarakat Subdit Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat serta Tim LP2M UNP yang terdiri dari Erizon Kabag TU LP2M dan Bulat Siregar staf LP2M UNP dan juga turut serta Tim Pengusul Tri Kurniawati, S.Pd. M.Pd dan Halkadri Fitra, SE.MM.Ak. Rombongan disambut oleh Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI dan Pengurus BUMNag serta pelaku pengrajin Sulaman di Galeri Sulaman Pinjaik Patah Nagari Panampuang.

Isti Hidayah yang juga  tenaga pengajar di FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNS) itu menyampaikan kunjungan ini adalah survei atau reviews atas usulan yang diajukan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) untuk menjadikan Nagari Panampuang sebagai Desa Mitra dari UNP, melihat potensi yang akan dikembangkan serta kesiapan nagari itu untuk menjadi Desa Mitra. "Alhamdulilah Nagari Panampuang punya potensi untuk dijadikan Desa Mitra Perguruan Tinggi, dan kami akan bantu itu, apalagi setelah mendengar paparan dari Walinagari Panampuang yang enerjik ini," ujar Isti Hidayah.

Sementara itu Tri Kurniawati selaku tim pengusul menjelaskan, pihaknya  melihat Nagari Panampuang sangat pantas untuk dijadikan Desa Mitra UNP. "Itu makanya kami usulkan ke Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat. Sebelumnya kami telah lakukan presentasi proposal di UNP," kata Tri Kurniawati yang diamini Halkadri Fitra.

Walinagari Panampuang, Zulhendra sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UNP  dan Direktorat RPM yang telah mengabulkan usulannya serta berharap kegiatan ini akan segera direalisasikan dan menyatakan kesanggupan untuk menjalankan program tersebut. "Apalagi out put dari Desa Mitra ini adalah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta akan menjadikan Panampuang sebagai desa model dengan Sulaman Pinjaik Patah sebagai produk unggulannya," harap Walinagari. (rl)
 
Top