Faktual dan Berintegritas



JAKARTA - Menteri Dalam Negeri periode 2009-2014 Gamawan Fauzi mengungkapkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memiliki peran sangat strategis bagi bangsa. Hal itu menyangkut tugas dan fungsi Kemendagri dalam sistem pemerintahan di Indonesia, yang berkaitan langsung dengan urusan pemerintahan daerah hingga politik dan pemerintahan umum. 

Demikian diungkapkan Gamawan dalam acara halal bihalal purna tugas Kemendagri di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Rabu (5/7). Acara itu dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Departemen Dalam Negeri (Depdagri) periode 1998-1999 Feisal Tamin bersama sejumlah mantan pejabat yang pernah bertugas di lingkungan Kemendagri. 

Gamawan mengenang, lantaran peran tersebutlah ia bersyukur sempat menjalani tugas kedinasan di Kemendagri. Untuk itu, dirinya mengapresiasi upaya Kemendagri dalam mempertemukan para insan yang pernah mengabdi di Kemendagri melalui gelaran halal bihalal tersebut. 

"Bagi kami-kami yang telah menyelesaikan tugas di Kemendagri, tentu ini kesempatan yang baik bagi kami untuk menyampaikan maaf setulus-tulusnya bila ada kesalahan. Jabatan ini akan berakhir semuanya, tetapi persahabatan, silaturahmi, harus terus terjaga," katanya. 

Menurut Gamawan, upaya untuk memperkuat silaturahmi antarjajaran perlu terus dijaga. Ini sejalan dengan perintah agama dalam memperkuat silaturahmi, terlepas dari perbedaan jabatan, status sosial, dan lain sebagainya. 

"Mudah-mudahan ini (silaturahmi) berlanjut terus. Yang penting silaturahmi ini terjaga, terpelihara," tambahnya. 

Senada dengan itu, Sekjen Depdagri periode 1998-1999 Feisal Tamin berpesan kepada para pejabat di Kemendagri untuk senantiasa menjalankan tugas sesuai aturan. Pasalnya Kemendagri memiliki peran yang besar bagi bangsa, utamanya dalam menjalankan program dan kebijakan pemerintah. Dengan menjalankan tugas sesuai aturan tersebut, berbagai program pemerintah diyakini bakal terlaksana dengan baik. 

"Oleh karena itu (para pejabat Kemendagri) lanjutkan jalinan benang merah yang telah kami lakukan itu untuk kepentingan bangsa semata-mata," tandasnya. 

Pada kesempatan itu, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro bersama para pejabat eselon I di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) turut mendampingi selama halalbihalal jajaran purna tugas tersebut berlangsung. Selain itu, dalam acara tersebut hadir pula Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro. (*)

 
Top