Faktual dan Berintegritas

doc Abdullah Khusairi 

PADANG -- Hujan lebat mendera hampir sebagai besar wilayah Sumatera Barat sepanjang Kamis (13/7) malam hingga Jumat (14/7) pagi. Bahkan sebagian wilayah terenam banjir.

Terkait kondisi demikian, kepala sekolah dipersilahkan mengambil kebijakan terbaik untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah masing-masing.  “Jika kondisi memang tidak memungkinkan kepala sekolah dipersilahkan mengambil kebijakan untuk mengalihkan proses belajar mengajar ke rumah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Barlius, dihubungi media ini, Jumat (14/7) pagi. 

Diakui Barlius, beberapa kepala sekolah telah menghubunginya guna melaporkan dan berkonsultasi terkait pelaksanaan PBM. Beberapa kepala sekolah melaporkan jika sekolah kebanjiran, akses ke sekolah yang kebanjiran, bahkan beberapa rumah guru, tenaga kependidikan, dan banyak siswa yang kebanjiran.  “Kita persilahkan sekolah mengambil kebijakan terbaik berdasarkan kondisi masing-masing,” tegas Barlius. 

Namun, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat tidak mengeluarkan edaran resmi terkait pengalihan PBM dari sekolah ke rumah. Hal itu dikarenakan situasi masing-masing sekolah tidaklah sama. 

“Kita tidak bisa mengeluarkan edaran resmi karena kondisi sekolah di Sumatera Barat untuk SMA, SMK, dan SLB yang berbeda-beda,” ujar Barlius lagi. 

Kadisdik juga mengingatkan seluruh jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat untuk selalu waspada dan berhati-hati. Tidak hanya mewaspadai air, tetapi juga potensi bencana lain seperti listrik. “Kita berdoa dan berharap semua akan baik-baik saja,” harap Barlius mengakhiri. (hv/sgl)

 
Top