Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Istri Wakil Presiden,  Ny. Hj. Wury Ma’ruf Amin melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Barat, Jumat (21/7). Kali ini ia mengunjungi Kota Padang Panjang.

Bertempat si Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang, RI 4 selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya.

Dalam sambutannya Wury Ma’ruf Amin mengungkapkan kekagumannya akan indahnya bumi Minangkabau.

“Saya senang sekali hadir di Sumatera Barat, dengan alam yang indah, kulinernya tidak ada yang tidak enak, yang ada hanya enak dan enak sekali di sini,” ucapnya kagum.

Tidak hanya itu, di hadapan jajaran pengurus Dekranas pusat, Wury juga memberikan pujian pada hasil kerajinan dari pelaku usaha kriya yang ada di Sumbar.

“Hasil handmade produksi kerajinan kriya sangat luar biasa. Semoga terus bisa berkembang dan lebih maju lagi, hasilnya bisa diterima bukan hanya di pasar lokal tapi juga pasar global,” harapnya.

Menurutnya, peran UMKM kriya dalam perekonomian nasional sangatlah besar, sehingga mampu menciptakan produk-produk unik berkualitas tinggi serta memilik nilai tambah kekayaan budaya serta keahlian tradisional pada setiap daerah.

Sementara Ketua Dekranasda Sumbar, Harneli Mahyeldi mengungkapkan bahwa, kegiatan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya ini, telah ditunggu-tunggu oleh kalangan pengrajin khususnya para pengrajin di kota berhawa sejuk ini.

Pihaknya meyakini, materi-materi yang disajikan para narasumber nantinya akan memberi manfaat bagi pelaku usaha dalam merintis usaha di era globalisasi saat ini.

“Mengenai perizinan berusaha, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), marketing produk, pengembangan bisnis, target pasar, desain produk dan literasi keuangan,” papar Harneli.

Lebih lanjut ia menyinggung tentang pemilihan lokasi kegiatan di ISI Padang Panjang sangatlah tepat, mengingat pada kampus ini terdapat sejumlah program studi yang berkorelasi erat dengan visi misi Dekranas.

“Kami berharap kepada ISI Padang Panjang untuk terus berkiprah dalam membina para pengrajin, khususnya produk kerajinan Sumbar agar mempunyai daya saing yang kuat di dalam dan luar negeri.

Terakhir Harneli berpesan kepada seluruh pihak, untuk terus memperkuat kerjasama dan kolaborasi antar lembaga, termasuk dengan pelaku usaha UMKM kriya khususnya di Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Padang Panjang, Wury Ma’ruf Amin disambut oleh Walikota Fadly Amran beserta Ketua Dekranasda Kota Padang Panjang Dian Puspita Fadly beserta seluruh jajaran. 

Turut hadir Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Sri Suparni Bahlil beserta jajaran Dekranas lainnya. Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot Tanjung, Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Febri Yulika dan undangan lainnya. (kmf)

 
Top