Faktual dan Berintegritas


SOLOK -- Satu kata buat masyarakat Nagari Jawi-jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok,  Sumatera Barat. Salut!

Rasa kebersamaan, persatuan dan kegotongroyongan yang terjaga secara baik. Berat sepikul, ringan sejinjing. Hidup saling menolong, dalam segala situasi dan kondisi.

Setidaknya hal itu dibuktikan ketika adanya warga setempat yang tertimpa musibah kebakaran pada Minggu (16/7) lalu. Tanpa komando dan tanpa basa basi masyarakat lain turun menolong. Tak bisa dengan tenaga, dengan materi dibantu.

Adalah dua kepala keluarga yang ditimpa musibah minggu lalu itu, yakni keluarga Buyuang Itam dan keluarga Gusrianto di Dusun Jaro Batu, Jorong Pakan Jumat, Jawi-jawi Guguk. Rumah yang mereka tempati hangus dilalap sijago merah.

Hanya dalam hitungan beberapa jam saja, masyarakat bersama-sama membangun kembali rumah kedua kepala keluarga. Tak hanya kaum laki-laki yang secara bahu membahu membangun rumah darurat, kaum perempuan pun turun menyiapkan makanan baik untuk korban maupun untuk masyarakat yang tengah bergotong royong. 


Di lain pihak, sumbangan materi pun terus mengalir dari masyarakat nagari itu. Dikutip dari akun Nagari Jawi-jawi Guguk, pada Rabu (19/7) terhimpun uang tunai sebesar Rp3,4 juta lebih dan beras 131 kg. Itu belum termasuk pakaian layak pakai dan peralatan dapur serta lainnya. 

Di samping dari masyarakat, tentu juga ada bantuan dari Pemkab Kabupaten Solok. 

Inilah modal besar di Nagari Jawi-jawi Guguk yang tetap terpelihara, yakni persatuan dan jiwa gotong royong. Semoga ke depan modal itu tidak tergerus oleh kemajuan teknologi. Semoga! (Sawir Pribadi)


 
Top