Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa eksistensi koperasi bisa menjadi satu solusi peningkatan produksi buatan dalam negeri sehingga produk lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, terlebih di tengah situasi perekonomian pasca pandemi Covid-19 dan krisis global saat ini. 

“Produk kita harus bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu kemenperin membuka pintu kerjasama sebesar-besarnya dengan Dekopin. Khususnya peningkatan produksi dalam negeri ditengah tantangan meningkatnya gempuran produk impor," ujar Agus dalam sambutannya pada puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional ke 76 Tahun 2023 di Auditorium UNP, Kota Padang, Minggu (23/7). 

Untuk mewujudkan harapan tersebut, koperasi menurut Agus juga harus mampu mengatasi beberapa tantangan kedepan, khususnya menghadapi era digitalisasi yang berkembang saat ini. 

"Mengikuti perkembangan digitalisasi saat ini, maka koperasi harus mampu menyesuaikan diri dengan menghasilkan inovasi dan produk-produk yang efisien serta berdaya saing," lanjut Agus. 

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Menperin RI, deputi menteri, Ketua Dekopin serta pengurus Dekopinwil dan Dekopinda se-Sumbar. 

Gubernur menyebut koperasi mengajarkan semangat kebersamaan, kekompakkan dan keadilan. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui beberapa program unggulan terus mendukung perkembangan koperasi di Sumbar. Di antaranya melalui program unggulan untuk mencetak 100 ribu entrepreneur dalam rangka mengurangi pengangguran. Selain itu juga mendorong pemberdayaan UMKM menjadi pegiat wirausaha yang mampu menciptakan inovasi-inovasi yang mampu berdaya saing. 

"Pertumbuhan koperasi di Sumbar menunjukkan nilai positif yang mampu berkontribusi pada PDRB Sumbar," jelas gubernur. 

Hal senada juga disampaikan Ketua Dekopin Nurdin Halid. Menurut Nurdin, melalui koperasi, Bung Hatta ingin mengajarkan bagaimana membangun perekonomian dengan semangat kebersamaan. 

"Jika rasa kebersamaan itu tidak ada, maka tidak mungkin dapat mewujudkan cita-cita Bung Hatta, cita-cita perekonomian bangsa," tegas Nurdin. 

Pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional, Dekopin juga memberikan sejumlah penghargaan kepada sejumlah kepala daerah, birokrat, akademisi hingga tokoh dan pegiat. koperasi. 

Diantaranya Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menerima anugerah Bintang Adinaya Jagadita, dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy menerima anugerah Penggerak Koperasi Utama. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menperin RI Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Ketua Dekopin Nurdin Halid. 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Dekopin dengan Telkomsel terkait Digitalisasi Koperasi di Indonesia. 

Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional ke 76 di UNP menurut Ketua Pelaksana Sekaligus Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, merupakan akhir dari serangkaian kegiatan yang sebelumnya telah sukses digelar, baik di Jakarta maupun di Sumbar.

Dimulai dari ziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, seminar nasional menggali nilai-nilai ketokohan Bung Hatta, hingga Jalan Santai yang diikuti belasan ribu peserta. 

"Terimakasih atas dukungan Pemprov Sumbar dan daerah serta semua pihak yang telah membantu suksesnya peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional ke-76 di Kota Padang, Sumatera Barat," ucap Hendra. (kmf)

 
Top