Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Provinsi Sumatera Barat meraih penghargaan bergengsi Provinsi Layak Anak (PROVILA) Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan diterima Gubernur Sumbar diwakili Sekda Hansastri, di Kota Semarang, Sabtu (22/7).

Penghargaan ini diraih Sumbar untuk pertama kali atas perwujudan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan anak.

Tidak tanggung-tanggung, seluruh kabupaten/kota di Sumbar memborong penghargaan Kabupaten / Kota Layak  Anak (KLA) tahun 2023 dengan kategori yang berbeda.

Bahkan untuk predikat tertinggi kategori Utama langsung diraih tiga kota di Sumbar.

“Ini berarti tidak ada lagi kabupaten atau kota di Sumatera Barat yang tidak mendapat peringkat,” kata Sekda Hansastri usai menerima penghargaan.

Menurutnya, penghargaan KLA kategori Utama diraih oleh Kota Padang, Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang. Sedangkan predikat kategori Nindya diraih Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Pariaman dan Kabupaten Agam.

“12 kabupaten/kota lainnya memperoleh peringkat Madya dan Pratama, ini mengindikasikan bahwa Pemprov Sumbar bersama 19 kab/kota secara signifikan meningkatkan keterlibatannya terhadap pemenuhan dan perlindungan anak,” paparnya. (kmf)

 
Top