Faktual dan Berintegritas


BUSAN – Pertemuan ke-59 pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia atau Governing Board Asian Organization of Supreme Audit Institutions (GB ASOSAI) memutuskan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai tuan 

rumah Konferensi Internasional Lembaga Pemeriksa se-dunia atau International Conference  of Supreme Audit Institutions (INCOSAI) pada tahun 2028, yang merupakan periode  regional Asia. 

Tuan rumah INCOSAI dimaksud menandai Keketuaan BPK pada Organisasi  Lembaga Pemeriksa se-dunia atau International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) Tahun 2028 – 2031.

Hasil Pertemuan ke-59 GB ASOSAI tersebut akan disahkan pada ASOSAI Assembly ke-16 di India Tahun 2024. Keketuaan BPK pada organisasi lembaga pemeriksa sedunia tersebut  merupakan yang pertama kali sejak INTOSAI didirikan tahun 1953.

INTOSAI merupakan organisasi lembaga pemeriksa negara-negara sedunia yang bersifat otonom, independen, dan non-politis yang bertujuan mendorong tata kelola sektor publik dengan memperkuat peranan lembaga pemeriksa untukmembantu meningkatkan kinerja pemerintah yang transparan, akuntabel dan kredibel serta memberikan manfaat bagi publik di masing-masing negara.

Saat ini, INTOSAI memiliki 195 anggota penuh (full member), 5 anggota rekanan (associate  member), dan 2 anggota terafiliasi (affiliate member). BPK menjadi anggota penuh INTOSAI sejak 1968. Keketuaan 2022-2025 saat ini dipegang oleh regional Amerika (SAI Brazil), dan keketuaan 2025-2028 oleh regional Afrika (SAI Mesir). (*)

 
Top