Faktual dan Berintegritas


AGAM -- Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Departemen Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK di daerah Tanjung Sani, Kabipaten Agam terkait pencegahan kekerasan seksual dan bullying.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai solusi atas permasalahan yang disampaikan oleh  pengurus PKK tentang adanya kasus pelecahan yang terjadi di daerah tersebut. Ibu-ibu PKK berharap di masa yang akan  datang tidak ada lagi kasus pelecehan seksual atau kekerasan seksual yang terjadi di Nagari Tanjung Sani. 

Kasus pelecehan yang terjadi dipicu oleh kurang bijaknya penggunaan gadget pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Kegiatan pelatihan dimulai pada 4 September 2023 dengan menyampaikan materi pelatihan mendidik dan mengatur penggunaan gadget pada anak dalam rangka mempersiapkan generasi emas Tanjung Sani yang disampaikan oleh Rizki Syafri, S.HI, M.Si. Ibu-ibu PKK sangat antusias karena melalui pelatihan ini mereka memahami bagaimana upaya yang harus mereka lakukan dalam mengatur penggunaan gadget pada anak-anak. 

Pada hari kedua dilakukan pelatihan pencegahan kekerasan seksual dan bullying yang disampaikan oleh Dosen Departemen Psikologi UNP Roza Eva Susanti, S.Psi, M.Pd. Pada akhir sesi kegiatan pelatihan juga dilakukan pemilihan Duta Parenting Tanjung Sani. Duta Parenting Tanjung Sani terpilih Arina, Serly Irma Tanti dan Sarmita Wulandari yang akan meneruskan edukasi tentang pencegahan kekerasan seksual dan bullying. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat  yang didanai oleh DRTPM ini menurut ketua pengabdian Rani Sofya, S.Pd, M.Pd juga akan dilanjutkan dengan penyerahan alat-alat permainan outdoor dan indoor serta buku edukasi bagi anak-anak di Nagari Tanjung Sani. Adanya ruang bermain bagi anak-anak di Nagari Tanjung Sani diharapkan akan mengurangi ketergantungan anak-anak pada gadget dan mengurangi terjadinya kasus kekerasan seksual dan bullying.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan akan mewujudkan generasi emas Tanjung Sani yang sehat dan berprestasi. (*)

 
Top