Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin diagendakan akan meresmikan pembukaan Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP). Kegiatan itu akan berlangsung 8-10 Sepetember 2023 nanti. 

Minangkabau Halal Festival adalah festival halal terbesar di Sumatera Barat yang akan menghadirkan 30 lebih jenis kegiatan, 14 industri halal, 140 stan UMKM. Selain itu juga akan menghadirkan 25 lebih bintang tamu, di antaranya Opick, Syekh Muhammad Jaber dan pasangan artis Dhini Aminarti - Dimas Seto.

Hal ini terungkap dalam jumpa pers MHF 2023, yang digelar di Ruang Rapat Istana Kompleks Gubernuran Sumatera Barat (Sumbar), Senin (4/9) sore. Hadir dalam jumpa pers yang diikuti insan pers dari berbagai media nasional dan lokal tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP, Prof. Dra. Asmar Yulastri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Endrizal, Kabiro Adpim Mursalim, serta perwakilan iven organizer MHF Fitria.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi MHF 2023 yang diinisiasi oleh UNP melalui Pusat Kajian Halal (PKH) UNP dengan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar, serta iven organizer nasional yang sudah berpengalaman.

"Peluang industri halal merupakan peluang yang sangat dilirik dunia saat ini. Trend wisata halal menjadi harapan banyak negara muslim. Kehadiran festival ini di Sumatera Barat akan semakin memantapkan dan memperkuat Sumbar menuju provinsi terdepan dalam wisata halal," ujar gubernur. 

Hal senada juga disampaikan Prof. Asmar. Kehadiran MHF sebagai festival halal pertama diluar jawa setelah Jogja dan Surabaya, akan semakin meningkatkan peran UNP dalam upaya mewujudkan industri halal di Minangkabau.

Pihak EO, Fitria menyebut, hal tersebut juga menjadi alasan dipilihnya Sumbar sebagai lokasi penyelenggaraan MHF 2023. 

"Ini iven MHF pertama di luar Jawa. Kami memilih Sumbar karena Sumbar sebagai pusat wisata halal, itu alasannya. Iven ini juga akan berbeda dengan iven-iven sebelumnya di Yogyakarta dan Surabaya. Akan ada penyerahan sertifikasi halal bagi UMKM serta ada olimpiade halal yang diikuti siswa SMA SMK se Sumbar," ungkap Fitria.

Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. masyrakat nantinya dapat menikmati berbagai stand UMKM kuliner maupun fashion dan lainnya. (kmf)

 
Top