Faktual dan Berintegritas


JAKARTA -- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar Pameran Kerajinan Nusantara "Kriyanusa" 2023 dengan mengangkat. Pameran dengan tema 'Kriya Unggul, Indonesia Maju' yang berlangsung mulai tanggal 13 hingga 17 September 2022 di Plenary Jakarta Convention Center.

Kegiatan untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh daerah di Indonesia ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, ditandai dengan pemukulan rebana, didampingi Ketua Umum Dekranas sekaligus juga Ibu Kerajinan Nasional Wury Ma’ruf Amin.

“Kegiatan pameran ini merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk-produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” tutur Iriana.

Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil menyampaikan, pameran Kriyanusa menghadirkan 307 stan pameran yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi, kabupaten/kota, kementerian, serta lembaga. Pameran tersebut melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia.

Ketua Dekranasda Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi yang turut hadir dalam pembukaan Pameran Kriyanusa, menyampaikan bahwa Tahun ini Provinsi Sumbar menghadirkan 3 stand kriya dalam rangka berpartisipasi, yaitu stand Dekranasda Provinsi Sumbar, Dekranasda Kabupaten Solok dan Dekranasda Kota Bukittinggi.

Produk yang ditampilkan diantaranya kebaya, mukena sulam bordir, tenun songket. Selain itu juga ditampilkan produk kerancang embun suri, tas anyaman, serta produk-produk eco print berupa tas dan kain.

"Kita sangat mengapresiasi sekali terlaksananya pameran Kriyanusa. Melalui ivent ini kita berharap produk-produk unggulan Sumatera Barat semakin terkenal dan diminati buyers dalam dan luar negeri," ujar Ummi Harneli.

Pada hari pertama pameran, menurut Ummi, stand asal Sumatera Barat mencatat transaksi penjualan mencapai Rp45 juta untuk produk tenun songket, sulaman bordir dan kebaya.

"Masih ada empat hari lagi. Stand produk kriya Sumbar laris manis,"kata Ummi.

Pameran Kriyanusa 2023 turut dimeriahkan pertunjukan hiburan dari Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, tarian lenggang pesona Jakarta, persembahan lagu, dan peragaan busana bertemakan Indonesia.

Dalam acara tersebut, Ibu Iriana dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) turut mengunjungi sejumlah stan pameran Kriyanusa yang menghadirkan produk-produk kriya lokal. (kmf)

 
Top