Faktual dan Berintegritas


PADANG -- World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi pada Kamis (7/9) di Pangeran Beach Hotel, Padang.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menyatakan perasaan bangganya terhadap pelaksanaan WIES di Provinsi Sumatera Barat ini. Mengingat berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI), Indonesia memegang posisi pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata halal dan muslim friendly tourism.

“Kami berharap melalui pelaksanaan World Islamic Entrepreneurs Summit 2023 dapat menjadi momen yang penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, masyarakat dalam mengembangkan pariwisata halal dan muslim friendly tourism di Sumatera Barat,” tutur Mahyeldi.

Acara ini dihadiri oleh peserta maupun pembicara dari berbagai negara, seperti Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Thailand, Vietnam, untuk membahas tentang pertumbuhan isu industri halal di dunia.

Muliandi Nasution selaku CEO & Founder dari Fath Capital, Indonesia, menyampaikan bahwa industri halal berpeluang untuk dapat terus berkembang hingga ke berbagai sektor.

“Isu halal sangat penting di dunia saat ini, mengingat pada pasca pandemi Covid-19 sebagian besar negara yang survive adalah negara muslim,” paparnya.

Berkolaborasi dengan Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, WIES diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada pemerintah, pelaku industri, pebisnis wanita, dan pengusaha muda untuk mendapatkan akses dalam mengembangkan wisata industri halal.

Berlangsung selama empat hari sejak 6 September 2023 lalu, nantinya WIES akan ditutup dengan agenda West Sumatera Post Tour dalam rangka memperkenalkan wisata lokal Sumatera Barat. (kmf)

 
Top