Faktual dan Berintegritas


TANAH DATAR - Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar tinggal hitungan hari. Tahapan Pilwana itu sudah sampai pada penyampaian visi dan misi calon wali nagari.

Lima calon Wali Nagari Baringin menyampaikan visi dan misi di aula wali nagari setempat disaksikan H. Irman Idrus Wali Nagari Baringin, Ketua KAN, BPRN serta lembaga lainnya.

Ronaldi salah satu calon wali nagari nomor urut empat sosok pemuda energik yang sudah terjun dan mendedikasikan pemikiran dan tenaganya untuk kemajuan Nagari Baringin.

Ronal, begitu ia biasa disapa ini lahir di Bukitgombak pada 3 Oktober 1986 lalu, merupakan anak pertama dari empat bersaudara tamatan Sekolah Tinggi Ilmu Perdagangan dengan IPK 3.25. Ia mengatakan kebulatan tekadnya untuk membangun Nagari Baringin merupakan dedikasinya untuk membangun nagari.

Sebagai seorang Calon Wali Nagari Baringin ia menyatakan mengusung visi menciptakan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, agar tercipta penghidupan masyarakat yang sejahtera dan makmur, serta melestarikan budaya berlandaskan "adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah".

Ronal menuturkan visi yang diusungnya dibarengi dengan beberapa misi yaitu menciptakan sistem penyelenggara pemerintah yang baik, bersih dan transparan.

Misi yang kedua adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui program pemberdayaan.

Selanjutnya mengembangkan potensi sumber daya yang ada di nagari dengan pendekatan kearifan lokal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi keempat berkolaborasi dengan semua stake holder ranah maupun rantau untuk mewujudkan pembangunan nagari.

Ronaldi yang merupakan koordinator pemuda Bukitgombak ini, misi kelimanya melakukan penguatan di lembaga ekonomi nagari. 

Untuk misi keenam Ronaldi menitikberatkan untuk meningkatkan sumber daya manuasia serta pemahaman dan pengamalan norma-norma agama dan adat istiadat.

Sementara pada misi ketujuh pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan pemuda dan agama ini akan mengorganisir kaum muda nagari dan meningkatkan perannya sebagai kader pembangunan nagari dan kader pemimpin nagari ke depannya.

Ronaldi merupakan merupakan bendahara Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tanah Datar periode 2019 - 2023. Ia juga sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Tanah Datar dari tahun 2018 - 2023. Selain itu Ronal juga aktif di KNPI Kabupaten Tanah Datar sejak tahun 2016 lalu.

Pada tahun 2007 lalu, sebelum dirinya menyelesai pendidikan S1, ia kader pemberdayaan nagari Nagari 2007 - 2008, selanjutnya pendamping lokal kecamatan pada program PMPN Mandiri 2008 - 2010. Tahun 2010 - 2015 Ronaldi menjadi operator komputer tingkat kabupaten masih pada program PMPN Mandiri, terakhir mulai 2015  sampai saat ini  ia merupakan Pendamping Lokal Desa dalam program P3MD di Nagari Cubadak. (ds)

 
Top