Faktual dan Berintegritas


JAKARTA – Kabar gembira. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  membuka pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024. Jumlah yang akan direkrut mencapai 5,7 juta orang.

KPU menyebutkan ada 820 ribu lebih tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 nanti. "Bapak-Ibu sekalian perlu saya sampaikan bahwa dalam perekrutan pembentukan KPPS ini kita nanti akan membentuk KPPS di seluruh Indonesia di 820.161 TPS," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian Pengembangan KPU RI, Parsadaan Harahap dalam Konferensi pers di Gedung KPUD DKI Jakarta, Senin (11/12).

Dia mengatakan jumlah perekrutan anggota KPPS yang mencapai 5,7 juta orang untuk Pemilu 2024 merupakan jumlah terbesar. "Jadi jumlah yang akan kita bentuk ya dan ini sangat kolosal sekali. Memang inilah jumlah terbesar jajaran penyelenggara pemilu badan ad hoc kita. Kita akan merekrut KPPS sejumlah 5.741.127," ucapnya sebagaimana dikutip detikcom.

Dalam kesempatan itu, Parsadaan juga mengatakan KPU sedang melakukan pembentukan KPPS luar negeri. Dia menyebut, akan merekrut sebanyak 12.765 orang di luar negeri yang tersebar pada 128 negara atau wilayah. (*)

 
Top