Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar pagi ini masih erupsi. Gumpalan asap masih membumbung ke udara, namun tidak setinggi kemarin.

Informasi dari akun @rinahastuti menyebutkan pada pukul 06.30 WIB ia masih sempat mengabadikan kondisi terkini Gunung Marapi dengan ponsel. "Pagi ini Gunung Marapi masih erupsi, jam 06.30 foto diambil dari Batipuh Tanah Datar," tulisnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, sore kemarin mengalami erupsi. Asap hitam membumbung ke udara.

Peristiwa yang diawali ledakan kuat itu terjadi sekitar pukul 14.55 WIB, Minggu (3/12). Sejumlah kawasan terdampak hujan abu vulkanik bercampur batu-batu kecil atau kerikil.

Puluhan pendaki terjebak saat terjadi letusan. Di antara mereka mengalami luka bakar. 

Pihak BNPB mengimbau masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan kegiatan pada radius 3 km dari kawah/puncak. Selain itu, masyarakat juga diminta tenang tidak terpancing isu- isu tentang letusan Gunung Marapi dan diharapkan selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak abu vulkanik bagi kesehatan. Mengamankan sarana air bersih serta membershkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh. (sp)

 
Top