Faktual dan Berintegritas


PADANG - Prestasi membanggakan diraih Puskesmas Ambacang, Padang. Puskesmas yang berada persis di pinggir jalan By Pass, Kuranji itu meraih akreditasi paripurna. 

Status sebagai puskesmas paripurna itu baru pertama kali diraih. Prestasi ini membuktikan bahwa mutu pelayanan di puskesmas tersebut jauh meningkat dibanding sebelumnya. 

"Syukur tak terhingga pada Allah SWT atas perjuangan bersama untuk mendapatkan nilai terbaik, semua juga berkat kerjasama yang luar biasa dari seluruh personil Puskesmas Ambacang dalam menjalankan sistem manajemen puskesmas serta berupaya dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat," ungkap Kepala Puskesmas Ambacang drg Riny Zulfianti, Rabu (6/12). 

Diakui drg Riny, sebelumnya Puskesmas Ambacang dalam pelayanan belum terlalu berorientasi secara optimal pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Namun setelah dilakukan pembenahan secara menyeluruh, semua pelayanan puskesmas kepada masyarakat sudah mengarah kepada peningkatan kualitas kerja, penyediaan data yang akurat, dan melakukan upaya pencegahan terhadap risiko-risiko yang mungkin akan dialami oleh pasien atau masyarakat. 

"Tujuan akhir semuanya itu adalah meningkatkan mutu pelayanan yang berorientasi pada keselamatan pasien. Mutu pelayanan yang dimaksud berupa penyediaan sarana prasarana sesuai standar, memiliki alat yang sudah standar atau terkalibrasi, serta menerapkan budaya mutu dan keselamatan pasien bagi petugas puskesmas," aku Kepala Puskesmas itu didampingi stafnya dr Frista Maulina. 

Kepala Puskesmas Ambacang sempat membocorkan bahwa upaya untuk meraih akreditasi paripurna membutuhkan usaha dan kerja keras bersama. Semua personil menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk mempertahankan agar sistem yang sudah dibuat tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

"Serta monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan semaksimal mungkin," jelasnya. 

Drg Riny berencana ke depannya untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana puskesmas. Menambah kapasitas ruang tunggu pelayanan serta mempertahankan sistem yang sudah ditetapkan dapat berjalan baik. 

"Kita juga menginginkan seluruh petugas mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ambacang, orientasi pelayanan kita akan lebih ditingkatkan lagi setelah ini,' jelasnya. 

Usai meraih akreditasi paripurna, Puskesmas Ambacang bertekad untuk mempertahankan predikat itu. Menurutnya Kepala Puskesmas Ambacang, akreditasi yang diraih merupakan amanah yang harus dijaga dan dipertahankan. 

Sebagai informasi, akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang besinambungan. Tingkatan akreditasi dari terendah sampai tertinggi yaitu Akreditasi Dasar, Akreditasi Madya, Akreditasi Utama dan Akreditasi Paripurna. (ch)

 
Top