Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat menggelar Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkas Idul Fitri (Serambi), Selasa (21/3)

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Barat Endang Kurnia ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang rupiah yang cukup dengan pecahan yang sesuai dan dalam kondisi layak edar bagi masyarakat Sumatera Barat pada periode menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Kick Off yang ditandai dengan pelepasan balon oleh KPwBI yang didampingi oleh Kepala OJK perwakilan Sumatera Barat Yusri, dilanjutkan dengan pawai mobil kas Bank Indonesia dan Perbankan ke seluruh area Kota Padang.

"Kita menyiapkan uang uang tunai dalam berbagai pecahan dengan kondisi baru sebanyak Rp 3,12 triliun, yang dapat ditukarkan oleh masyarakat di berbagai bank mulai hari ini," kata KPwBI Endang Kurnia.

Selama bulan Ramadhan tahun 2023 ini, kata Endang, Bank Indonesia Sumatera Barat akan melakukan layanan kas keliling bersama dalam kota sebanyak 20 kali (waktu tentative) dan penukaran bersama bank dalam kota di BI Muaro sebanyak 4 kali.

"Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan dapat memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi BI PINTAR," imbuh pria yang biasa dipanggil Nanang tersebut.

Bank Indonesia Sumatera Barat juga melakukan layanan kas keliling dan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di luar kota dengan berkolaborasi dan bersinergi bersama bank di luar Kota Padang yang berlokasi di 8 (delapan) titik lokasi. 

Kolaborasi layanan penukaran kepada masyarakat selama bulan Ramadan ini dilaksanakan di 156 titik kantor cabang bank di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Layanan kas oleh Bank Indonesia ini dilaksanakan setiap hari termasuk hari libur dengan target jumlah penukar sebanyak 500 (lima ratus) orang per hari. (dkf/pd)

 
Top