Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Sumatera Barat menggelar Musyawarah Wilayah VI di Bukittinggi, Selasa (28/2). 

Turut hadir pada Muswil VI tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Staf Ahli Gubernur Jasman Rizal, Ketua Umum DPP Asperindo Feriadi, serta ketua-ketua DPW Asperindo Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Memberikan sambutan, Wakil Gubernur mengatakan Asperindo berkaitan erat dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yaitu meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/ menengah serta ekonomi berbasis digital.

Sebagai asosiasi pergerakan logistik di Indonesia dengan potensi menggerakkan uang yang cukup banyak dan kemampuan mengkoneksikan Sabang sampai Merauke, Asperindo menurut Wagub dapat mendukung perluasan pasar bagi UMKM yang ada di Sumatera Barat.

"Potensi dan peluang Sumatera Barat amat sangat besar. Ke depan mungkin bisa kita bangun juga MoU antara Pemprov Sumbar dengan Asperindo. Bisa juga dilanjutkan dengan kerjasama di tingkat Kota dan Kabupaten," ujar Wagub.

Ketua Umum DPP Asperindo, Feriadi mengungkapkan pihaknya telah menjadi mitra strategis berbagai institusi pemerintah dalam hal logistik. Sinergi dan kolaborasi serupa juga Ia harapkan dapat terjalin dengan Pemprov Sumbar.

"Asperindo dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan support dan mendukung produk UMKM Sumatera Barat agar dapat dipasarkan lebih luas lagi ke luar Sumbar," ungkap Feriadi.

Feriadi melanjutkan, Sebagai sebuah asosiasi, Asperindo mengemban tugas dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Khususnya dengan semakin majunya teknologi transaksi perdagangan secara online. 

Oleh karena itu ia mengatakan Asperindo juga terus melakukan peningkatan teknologi untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat, baik dari segi kecepatan, keamanan, maupun pencatatan data dan informasi pengiriman logistik.

Saat ini Asperindo beranggotakan kurang lebih 350 perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan ekspedisi. Asosiasi ini diperkirakan mengelola potensi pergerakan logistik dengan mencapai Rp40 triliun.

Pada Muswil VI Asperindo Sumbar itu, selain memilih kepengurusan baru Dewan Pengurus Wilayah, Ketua Umum DPP Asperindo ini juga melantik kepengurusan Asperindo Bukittinggi periode 2023-2027, yang merupakan DPD pertama di Sumatera Barat. (kmf)

 
Top