Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Ingin mendapatkan rasa syahdu dan semaraknya Ramadhan 1444 H/2023, datanglah ke Masid Raya Sumbar. Banyak kegiatan islami di lingkup rumah ibadah dengan arsitektur terbaik dunia itu. Yang jelas, Pemprov Sumbar telah mengagendakan sejumlah kegiatan pada bulan suci ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, mengatakan, program dan kegiatan selama Ramadhan tahun ini melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mulai dari ceramah subuh, kuliah zuhur. Juga ada kegiatan berbuka puasa dan berbagi takjil gratis. Termasuk juga shalat Taraweh dan ceramah Taraweh.
Pada 10 hari terakhir puasa, juga ada nanti ibadah i’tikaf (berdiam diri) di Masjid Raya Sumbar dan dilanjutkan dengan sahur.  “Tahun lalu bahkan sampai 1.800 orang peserta i’tikaf. Sementara kegiatan berbuka dihadiri 200 orang lebih per hari,” ungkap Hansastri didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Sumbar, Siti Aisyah, saat jumpa pers, Jumat (24/3).
Selain kegiatan tersebut, juga Jumat sore digelar talk show peluncuran film Buya Hamka. Kemudian launching Pesantren Ramadhan tahun 2023 yang dilaksanakan 27 Maret 2023 oleh Dinas Pendidikan Sumbar. Kemudian juga ada kegiatan Semarak Ramadhan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar.
“Ada juga kegiatan bazar buku islami oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumbar bekerjasama dengan perusahaan penerbit dan toko buku. Kemudian juga ada launching website Masjid Raya Sumbar, 27 Maret nanti,” terang Hansastri.
Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah mengatakan, kegiatan talk show film Buya Hamka, Jumat  (24/3) sore dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, rombongan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar dan pemain serta pameran film. (yk)

 


 
Top