Faktual dan Berintegritas



SOLOK -- Mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Mujur berhari-hari, malang datang sekejap mata.

Pepatah itulah yang berlaku bagi seorang nenek di Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Beberapa hari lagi mau berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan ibadah haji, tiba-tiba rumah yang ditempati terbakar.

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Sabtu (27/5) dini hari di Jorong Sungai Rotan, Nagari Cupak, Kecamatan Gunung, Kabupaten Solok. Beruntung sang nenek yang bernama Malinar Malik (84) itu segera terbangun,  maka selamatlah dari hal yang fatal.

Kebakaran itu menghanguskan dua rumah, masing-masing satu rumah gadang dan satu rumah permanen. "Alhamdulillah beliau selamat," kata anak korban, Eka Budiarto, Sabtu (27/5).

Eka mengakui bahwa ibunya itu sudah terdaftar sebagai jemaah calon haji Kabupaten Solok tahun 1444 H/2023 ini. "Insyaallah berangkat pertengahan Juni ini," jawabnya.

Meski ditimpa musibah menjelang ke Tanah Suci, namun Malinar terlihat tabah. Setidaknya hal itu diperlihatkannya kepada masyarakat yang datang menyampaikan rasa duka. "Kini sementara amak tinggal di rumah inyiak (nenek), tidak jauh dari rumah yang terbakar itu" jawab Eka.

Ia berharap orang tuanya itu sehat-sehat saja dan lancar menjalankan ibadah haji nantinya, sehingga kembali sebagai haji yang mabrur. (sp)

 
Top