Faktual dan Berintegritas

Sofyan Diran 

PADANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumatera Barat menggelar halal bihalal pasca hari raya Idul Fitri 1444 H, Kamis (18/5). Kegiatan itu dilaksanakan di kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Azischan, Padang.

Ketua PWI Sumbar DR. H. Basril Basyar mengatakan, kegiatan halal bihalal merupakan agenda rutin tahunan PWI Sumbar. "Kami berterimakasih kepada semua jajaran PWI Sumatera Barat yang hadir hari ini. Ini adalah salah satu bentuk memperkuat silaturahmi," katanya.

Bertindak sebagai penceramah pada Halal bi Halal tersebut adalah Ustaz Sofyan Diran. Dalam ceramahnya, Ustad menguraikan dalil halal bihalal.

"Halal bi Halal ini hanya ada di Indonesia. Di negara lain tidak ada. Tapi walau begitu, ini adalah kegiatan positif dalam mensyiarkan agama," katanya.

Dikatakan Ustad Sofyan Diran, dalil halal bihalal secara langsung memang tidak ada dalam Alquran. 

"Tapi, halal bihalal ini selalu dilaksanakan  di masjid dan mushalla, artinya ini mensyiarkan agama, dan mensyiarkan agama itu wajib," ujarnya.

Apatah lagi, katanya, Islam mewajibkan silaturahmi. Dengan silaturahmi, reski dibukakan Allah. Silaturahmi itu diwajibkan Allah.

"Halal Bihalal juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan silaturahmi itu wajib," jelasnya.

Ia juga mengatakan, dalam Islam saling maaf memaafkan juga wajib. Semua kesalahan dan kekhilafan dimaafkan. Dan meminta maaf dan memaafkan itu wajib dalam Islam.

"Melalui halal bihalal ini kita juga saling maaf memaafkan. Jadi secara maqosid syariah, dalil halal bihalal itu kuat pada dasarnya," sebutnya.

Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar berharap, PWI sebagai wadah tempat berkumpulnya wartawan selalu menjadi yang terdepan di Sumatera Barat.

"PWI harus selalu yang terdepan dan terkompak. Kami berharap, PWI selalu mengawal pembangunan di daerah ini," cakapnya.

Kegiatan halal bihalal itu juga dihadiri para wakil ketua, sekretaris PWI Sumbar, Ketua IKWI Sumbar Dra Hj Iva Tureyza Idroes, Ketua DKP Zul Effendi, dan pengurus PWI Sumbar lainnya. (*)

 
Top