Faktual dan Berintegritas



PADANG - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Padang Tahun 2023.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang itu, dipusatkan di area parkir Pantai Cimpago, Selasa (30/5) pagi.

Menurut Wawako, lomba masak serba ikan antar Forikan Kecamatan se-Kota Padang ini penting dilakukan sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat, terutama generasi muda selalu gemar memakan ikan di dalam kehidupan sehari-hari.

"Lomba ini sangat tepat dilakukan karena manfaat mengkonsumsi ikan ini sangat banyak. Terutama sekali memperbaiki dan meningkatkan nilai gizi makanan bagi kita. Begitu juga mencegah terjadinya stunting pada anak," ungkap Wawako Padang mengapresiasi.

"Apalagi memakan ikan juga dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan, sekaligus ikan hasil tangkapan nelayan dan hasil produksi budidaya juga dapat terpakai,sebutnya

Selanjutnya Wakil Wali Kota Padang juga memuji karena pada lomba masak serba ikan tersebut masing-masing kelompok peserta menyajikan beragam menu makanan hasil olahan dari berbagai jenis," sebut Ekos Albar

Pada saat yang sama Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa mengaku bersyukur karena berbagai kegiatan yang telah dilakukan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Padang telah membuahkan hasil.

 Hasil survey ekonomi nasional (Susenas) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik dengan menunjukkan bahwa angka konsumsi ikan masyarakat Kota Padang pada skala rumah tangga di tahun 2021 berada pada angka 41,23 Kg/kapita/tahun meningkat menjadi 43,25 Kg/kapita/tahun pada tahun 2022.

"Artinya, rata-rata masyarakat Kota Padang makan ikan sebanyak 118,49 gram/hari. Namun demikian angka ini masih jauh dari memuaskan, karena berdasarkan animo masyarakat terhadap aneka jenis olahan ikan yang ada di Kota Padang kita yakin rata-rata mengkonsumsi ikan lebih dari 150 gram per hari," 

"Kita berharap warga Kota Padang selalu gemar memakan ikan. Terutama bagi anak-anak para generasi muda kita," harap Ny.Genny Hendri Septa bersemangat.

Seperti diketahui, pada Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Padang tahun 2023 tersebut mengangkat tema "Makan Ikan Membentuk Pribadi yang Sehat, Kuat dan Cerdas. Ayo Makan Ikan, Mari Kita Cetak Generasi Cinta Makan Ikan."

Untuk pemenang lomba  berhasil meraih juara satu  trophy dan tabanas juga berhak mewakili Kota Padang pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Di kesempatan itu Wawako Ekos Albar dan Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa menyerahkan paket aneka olahan ikan kepada murid SD  dan anak yang terindikasi stunting.

Hadir di kesempatan itu Kepala Bidang Kabid PDSKP Dinas Kelautan dan Perikana Sumbar Yulia Madona, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Guswardi serta Kepala Dinas Pariwisata Yudi Indra Sani dan Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi. (pkp)

 
Top