Alirman Sori.  

JAKARTA - Senator asal Sumatera Barat, Alirman Sori terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) atau Baleg DPD RI 2019-2020, siang tadi.

Alirman Sori, terpilih secara aklamasi dalam rapat pleno PPUU yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPD RI, Dr.Nono Sampono.

Waka DPD RI Nono Sampono, dalam sambutan di akhir menutup rapat pleno pemilihan, menyampaikan apresiasinya, pemilihan yang lakukan secara musyawarah (aklamasi) sebagai bentuk demokrasi Pancasila yang mengutamakan prinsip musyawarah untuk mencapai mufakat.

Dikatakan, Nono, inilah bentuk aktualisasi dan implementasi pelaksanaan demokrasi berasaskan Pancasila, sehingga hasil musyawarah dapat merevitalisasi  kebersamaan untuk mewujudkan tercapainya tujuan dari prinsip musyawarah yang hakiki.

"Terpilihnya Alirman Sori sebagai Ketua PPUU DPD RI yang didampingi tiga orang wakil ketua, Ajbar (Sulbar), Eni Sumarni (Jabar) dan Asyera (NTT), diharapakan dapat membawa harapan baru dan akan memperkuat posisi DPD dalam program legislasi nasional," ujar Nono.

Alirman Sori dalam sambutan singkatnya setelah terpilih menjadi Ketua PPUU DPD RI, mengatakan bertekad secara kolektif kologial pimpinan dan anggota PPUU akan membangun sinergisitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota DPD RI.

Manurut Alirman Sori, PPUU sebagai alat kelengkapan DPD RI, punya peranan dan fungsi yang sangat strategis dalam proses pembentukan, pembahasan, harmonisasi dan finalisasi dalam pembuatan RUU menjadi UU yang terkait dengan fungsi dan wewanang sebagaimana yang diatur konstitusi UUD Tahun 1945, pasal 22D ayat 1, 2 dan 3. (sp)
 
Top