PAINAN - Nelayan Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat gempar.  Seekor hiu tutul sepanjang 7,5 meter dengan berat sekitar 1,5 ton terdampar di pantai, setempat, kemarin.

"Ikan hiu tutul sepanjang 7,5 meter itu terdampar tidak jauh dari bibir pantai Taluak Batuang, Kecamatan Batang Kapas dalam kondisi lemas," ungkap Jon (45), seorang nelayan setempat.

Menurutnya, terdamparnya seekor hiu tutul itu diketahuinya saat hendak pergi melaut, tiba-tiba saja sudah terlihat seekor hiu tutul besar terdampar tidak jauh dari bibir pantai.

"Ya, saat ditemukan kondisi ikan raksasa itu lemas. Kemudian ia dibantu nelayan lainnnya berusaha menarik ikan itu ke tengah laut," ungkapnya.

Sementara informasi yang diperoleh, hiu tutul terdampar akibat kondisi cuaca serta gelombang tinggi. Sedangkan untuk evakuasi ikan itu, nelayan mengggunakan kapal bagan. Fenomena terdamparnya seekor hiu tutul tersebut menjadi tontonan warga sekitar.

Sementara Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan saat ini masih menunggu hasil kajian dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, terkait penyebab hiu tutul yang terdampar di Pantai Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas tersebut.

"Benar, saat ini pihak dari BPSPL sudah berada di lokasi dan mengambil sampel darah dari hiu tutul yang terdampar dan mereka sedang melakukan kajian. Untuk itu, kita tunggu hasil dari pihak balai," ungkap Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal kemarin.

Ia mengatakan, setelah mengetahui adanya seekor hiu tutul besar terdampar di pantai Taluak Batuang, ia langsung melakukan koordinasi dengan pihak BPSPL Padang. "Karena pihak balailah yang berwenang. Jadi, kita langsung melapor kepada pihak balai," ucapnya.

Menurut Andi lagi, hiu tutul yang terdampar tersebut terbilang langkah, dan biasanya hidup di perairan dalam. Tetapi, kenapa bisa tiba-tiba terdampar di pantai.

"Mungkin saja hiu itu dalam keadaan sakit, makanya terbawa gelombang ke pinggir pantai. Sebab, waktu terdampar sudah di upayakan oleh nelayan untuk mengembalikannya ke tengah laut, namun hiu itu kembali menepi," ucapnya.

Lanjutnya, hiu tersebut akhirnya dikuburkan di tempatnya terdampar dengan menggunakan alat berat. (sn)
 
Top