Faktual dan Berintegritas

GM PLN Unit Induk Wilayah Sumbar, Bambang Dwiyanto melihat produk batik di Padang. (pln). 

PADANG - Bertepatan di Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019 ini, PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat membagikan puluhan canting elektrik dan kompor induksi bagi pengrajin batik di Padang dan sekitarnya. Pembagian alat membatik itu dipusatkan di workshop Batik Tanah Liek Marapalam, Padang.

 Selain untuk lebih memasyarakatkan shifting electricity lifestyle, pemberian canting elektrik dan kompor induksi kepada para pengrajin batik, juga merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi PLN UIW Sumbar terhadap kerajinan batik Tanah Liek sebagai kearifan lokal Ranah Minang.
Kegiatan yang dipusatkan di

Kegiatan tersebut dihadiri General Manager PLN UIW Sumbar,  Bambang Dwiyanto dan jajaran managemen lainnya. “Pemberian canting elektrik ini sebagai wujud apresiasi dan kepedulian PLN UIW Sumbar terhadap keberadaan pengrajin tradisional sekaligus untuk memperkenalkan shifting electricity lifestyle. Dengan canting elektrik dan kompor induksi, diharapkan pengrajin akan lebih terbantu saat proses membatik. Karena selain lebih praktis dan bersih, keamanan dan kenyamanan pembatik akan lebih terjaga, karena tentunya risiko terkena lilin panas juga akan berkurang” kata Bambang.

Pemilik workshop batik, Fitri mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan PLN UIW Sumbar. “Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN, atas kunjungan dan perhatian yang diberikan kepada kami. Semoga dengan pemberian canting elektrik dan kompor induksi ini, proses membatik bisa lebih cepat selesai, karena selama ini untuk membatik 1 kain membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari," ujar dia.

Selama ini penggunaan kompor dengan minyak tanah untuk proses membatik, menghabiskan minyak tanah lebih dari 2 liter setiap harinya. "Dengan kompor induksi ini, tinggal colok saja sudah bisa langsung digunakan, tidak perlu repot beli minyak” jelas Fitri.

Kegiatan pembagian canting elektrik ini juga dilaksanakan di beberapa tempat di unit kerja PLN UIW Sumbar, dengan harapan semakin banyak pengrajin yang mulai beralih ke canting elektrik karena lebih bersih, praktis dan  lebih nyaman. (rl)
 
Top