Seorang pengendara sepeda motor dapat teror beruk di Sitinjau Lauik. (ist)

PADANG - Pengguna jalan lintas Padang-Solok diminta hati-hati dan waspada. Terutama ketika melewati kawasan Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Di kawasan itu tidak saja rawan kecelakaan akibat tanjakan tajam atau ancaman tumpahan solar dan CPO, tetapi ada ancaman lain. Akhir-akhir ini pengguna jalan sering diteror oleh beruk (monyet ekor pendek).

Informasi yang diperoleh swapena.com,  sering terjadi kecelakaan lalu lintas sepeda motor di turunan tajam Sitinjau Lauik tersebut gara-gara teror beruk. "Kemarin ada ibu hamil pengendara sepeda motor jatuh akibat diteror beruk, Bang," kata seorang anggota PKJR kawasan itu.

Menurut pemuda tersebut, saat sang pengendara motor melintas, beruk mengejar dari pinggir jalan. "Tentu saja yang bawa motor kaget dan takut Bang. Saat itu jelas keseimbangan hilang," katanya.

Video-video aksi teror beruk di Sitinjau Lauik juga banyak beredar di youtube. Binatang itu tak hanya mengancam dan mengejar pengendara motor, tetapi juga mengancam kendaraan pribadi.

Para pengguna jalan mengharapkan pihak terkait melakukan langkah-langkah agar monyet-monyet tersebut tidak lagi menjadi momok menakutkan. "Saya bolak balik Solok-padang dan sering jumpai beruk di sana. Kalau bisa pihak kehutanan mengambil langkah agar pengguna jalan tidak ketakutan," kata seorang mahasiswa mengaku bernama Rangga. (sp)
 
Top