Nadiem Makarim memberi keterangan kepada wartawan. (ist). 

JAKARTA - Sejumlah nama kandidat menteri sudah dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara di Jakarta, dari pagi hingga sore tadi. Dari belasan orang yang datang, belum terlihat satupun wajah tokoh Minang.

Pemanggilan tokoh-tokoh tersebut sebagai bentuk pengenalan calon menteri oleh presiden sebagaimana dijanjikan saat pidato pelantikan sehari sebelumnya. Yang datang tadi itu adalah tokoh politik dan non politik.

Para tokoh yang dipanggil kompak mengenakan kemeja putih. Mereka di antaranya Mahfud Md. Mahfud orang pertama datang. Kemudian, Nadiem Makarim, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu, Wishnutama, Erick Thohir, Tito Karnavian, Airlangga Hartarto, Nico Harjanto, Pratikno, Fadjroel Rachman dan lainnya.

Bahkan, mantan rival Jokowi pada Pilpres 2019, Prabowo Subianto turut dipanggil ke Istana. Prabowo datang bersama Waketum Gerindra, Edhy Prabowo.

Tidak banyak dari tokoh yang dipanggil tersebut mau menyebutkan terus terang apa jabatan yang akan diemban. Hanya Prabowo yang menyebutkan bidang pertahanan keamanan.

Khusus Christiany Eugenia Tetty Paruntu, ternyata tidak bertemu dengan Presiden Jokowi. Eugenia hanya bertemu dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Setelah itu, bupati cantik itu keluar Istana dari pintu samping.

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan Tetty adalah calon menteri usulan Partai Golkar. Saat sudah di dalam Istana, Tetty bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. "Setelah bertemu dengan Pak Airlangga beliau langsung kembali lewat samping. Jadi tidak sempat bertemu dengan Bapak Presiden," kata Bey di Istana Kepresidenan. (jk)
 
Top