Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Senin (15/8) sore, memimpin upacara penyerahan Bendera Merah Putih kepada Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, di halaman Istana Kompleks Gubernuran Sumbar. Bendera tersebut selanjutnya  akan dikibarkan pada tanggal 17 Agustus besok di dasar laut kawasan Mandeh, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur Mahyeldi mengapresiasi pengibaran bendera di dasar laut yang secara serentak dilakukan pada 77 titik di Indonesia.

Menurut gubernur, kegiatan tersebut akan menumbuhkan rasa kebanggaan pada tanah air, nasionalisme, dan sekaligus mensukseskan program Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pinang sebagai kawasan binaan Lantamal II Padang.

"Merah Putih bermakna kesucian nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme. Dengan dikibarkannya Merah Putih di dasar laut di kawasan Mandeh sebagai bagian dari peringatan HUT RI 17 Agustus 2022, secara serempak di seluruh Indonesia, diharapkan akan menambah semangat integrasi nasional, menyatukan setiap unsur masyarakat yang sangat beragam," ucap gubernur.

Selain itu, gubernur juga menyampaikan dukungan atas program Kampung Bahari Nusantara yang dilakukan Lantamal II di Nagari Sungai Pinang, agar juga bisa dilaksanakan di kawasan pesisir lainnya di Sumbar.

Sebelumnya, dalam ramah tamah dengan gubernur, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, mengatakan, pengibaran bendera di dasar laut pada tanggal 17 Agustus nanti dilakukan serentak pada 77 titik penyelaman di Indonesia. 

"Titik penyelaman kita di Mandeh termasuk titik ke 50 dari 77 titik penyelaman," kata Danlantamal.

Selain penyelaman, dalam rangka peringatan HUT RI, Danlantamal II Padang juga telah melaksanakan penanaman 4.000 batang mangrove di pantai pada kawasan Sungai Pinang.

Penanaman mangrove tersebut juga dilaksanakan serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk mencegah erosi dan abrasi pantai, menjaga kestabilan garis pantai hingga meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir lewat wisata mangrove.

Turut hadir dalam upacara sederhana penyerahan bendera tersebut, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Danrem 032 Wirabraja dan Kejati Sumbar. (kmf)

 
Top