Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi dan Walikota Padang Hendri Septa, meninjau Pasar Raya Padang, Senin (8/8). Mendag berkesempatan berdialog dengan sejumlah pedagang kebutuhan pokok.

Berdasarkan pantauan selama hampir satu jam, Zulkifli Hasan menyampaikan, harga barang-barang kebutuhan pokok terpantau stabil dan beberapa komoditas turun.  “Kami ke pasar untuk memantau harga-harga kebutuhan pokok. Saya ucapkan terima kasih pada Pak Walikota dan Pak Gubernur karena harga di sini relatif stabil bahkan ada yang turun,” kata dia.

Mendag Zulkifli Hasan mendapati harga bawang merah Rp30 ribu perkilogram, minyak goreng curah ada di kisaran Rp13 ribu hingga Rp14 ribu. Harga cabai merah keriting menurut Mendag sudah turun menjadi Rp70 ribu tapi relatif lebih tinggi dari daerah lain.

"Bawang merah ternyata murah sekali di sini. Rupanya di Sumatera Barat ini ada daerah sentra bawang, makanya murah. Tapi harga cabai agak lebih tinggi, kalau di Jawa sudah Rp60 ribu, di sini masih Rp70 ribuan. Mungkin karena orang Padang suka makan cabai," ujar Zulhas.

Mendag menegaskan, Kementerian Perdagangan akan terus mendorong distribusi minyak goreng alokasi pasar dalam negeri (domestic market obligation/DMO) agar masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau.

Saat peninjauan, Mendag juga beberapa kali membeli langsung beberapa bahan pokok seperti minyak goreng, telur dan cabai, kemudian dibagikan kepada masyarakat pengunjung pasar raya. 

Tampak ikut dalam peninjauan Kepala Disperindag Sumbar Asben Hendri, Kepala Dinas Pangan, Efendi, Sekda Kota Padang Andree Algamar dan pejabat lainnya. (kmf)

 
Top