Faktual dan Berintegritas

 

Ketua PPIH Sumbar, H. Helmi memberikan piagam penghargaan kepada petugas kloter.
 

PADANG, SWAPENA -- Proses pemulangan jemaah haji Debarkasi Padang resmi berakhir, seiring dengan pulangnya Kloter VIII sebagai penutup, Sabtu (13/8). Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Purmato, menjadi pejabat pamungkas menyambut tamu Allah dari Tanah Suci Makkah.

Ia memberikan ucapan selamat datang, sekaligus menerima secara resmi jemaah kloter VIII dari petugas kloter dan selanjutnya menyerahkan kepada panitia daerah. Proses serah terima berlangsung di Aula Debarkasi Padang, sebelum Subuh.

"Semoga memperoleh haji mabrur dan kembali ke rumah masing-masing dengan selamat dan sehat walafiat," katanya.

Ia mengatakan, tanda-tanda seseorang memperoleh haji mabrur di antaranya suka menebarkan kedamaian kepada orang-orang di sekitarnya. "Kalau berbicara santun, menghindari perbuatan maksiat dan mempunyai kepedulian sosial," ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, H. Helmi selaku Ketua PPIH ikut memberikan piagam penghargaan kepada petugas kloter. Hadir juga Kepala Bidang di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua DWP Kemenag Sumbar Ny Nazifah Helmi, Kakankemenag, Ketua DWP Kemenag dan pemerintah daerah asal jamaaah.

Sedangkan, Sekretaris PPIH, H.Joben, melaporkan 140 jamaah haji kloter VIII merupakan jamaah haji terakhir yang berangkat melalui Debarkasi Padang 2022 yang tergabung dengan jamaah haji Debarkasi Ujung Pandang.

"Tepat pukul 02.30 WIB jamaah haji kloter 8 Padang yang berasal dari Provinsi Sumbar dan bergabung dengan jemaah Sulawesi Selatan dan Provinsi Bengkulu tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman," katanya.

Ia mengatakan, dengan pulangnya jemaah haji kloter VIII, maka seluruh jemaah haji sudah sampai di kampung halaman. Ia menyebutkan ada dua jemaah, atas nama Bangun Lubis Wahid dan Nurhadis Bustamam Rais yang meninggal di Tanah Suci.

Total jemaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Padang 2.886 dan meninggal dua jemaah. Panitia meminta keridhaan, atas semua kekurangan dalam proses pemulangan jemaah dan semoga bisa menjaga kemabruran haji hingga ajal menjemput. (hn)

 
Top