Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA - DPRD Sumatera Barat mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Sumatera Barat tahun 2024. Ini dinilai sebagai momen meningkatkan peranserta wartawan Indonesia ikut serta memajukan pembangunan nasional dan Sumbar. 

Demikian disampaikan Ketua DPRD Sumbar,  Supardi, SH dalam silaturrahmi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barar, di rumah dinas ketua DPRD Sabtu (6/5) malam. 

Menurut Supardi, Porwanas bukan semata-mata lomba plahraga insan wartawan semata, melainkan melekat peran profesi jurnalis yang dimiliki ikut serta menyebarkan informasi pembangunan Sumatera Barat di media masing-masing baik secara nasional maupun di daerah asalnya. "Tentunya dampak positif dari kegiatan porwanas ini menjadi hal yang menarik dalam memberikan dorongan dan perhatian masyarakat Indonesia, baik dalam meningkatkan kunjungan wisata, investasi dan Sumatera Barat bagian tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar dia. 

Supardi juga mengatakan mendukung pelaksanaa Porwanas dengan berbagai bentuk   salah satu di antaranya menyiapkan anggaran. Karenanya tak usah kawatir karena event Porwanas dan insan pers bagian penting juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di dalam bingkai NKRI. 

"Karena itu perencanaan kegiatan, bentuk kegiatan perlu dipersiapkan secara baik dan matang. Menjaga marwah, martabat dan harga diri Sumatera Barat di pentas nasional juga menjadi tugas kita bersama komponen daerah dan masyarakat," ungkapnya. 

Ketua PWI Sumbar Dr.Ir. Basril Basyar dalam kesempatan itu juga menyampaikan Sumbar menjadi tuan rumah Porwanas ini bersaing dengan 4 daerah lainnya yang berminat. "Alhamdulilah setelah melalui proses, Sumbar akhirnya dipercaya. "Ini amanah yang mesti kita laksanakan secara maksimal dan baik. Gubernur telah menegaskan tekad dan semangatnya. Hari kita juga bangga dan senang hati Ketua DPRD juga memberikan dukungan serta  perhatiannya," katanya. 

Di sisi lain Sekretaris DPRD Sumbar yang diwakili Kabag Persidangan dan Perundang-undangan  Zardi Syahrir, SH.MM mengingatkan kembali, peranan pers amat besar dalam memajukan pembangunan Sumatera Barat. Ada banyak narasi cerdas, wacana pemikiran bernas lahir dari pemberitaan karya jurnalistik serta juga lahir para jurnalis terbaik Sumbar yang menasional. 

"Hal ini terlihat nyata sejak zaman kepemimpinan Harun Zain, ada muncul semangat mambangkik batang tarandam, membangun harga diri dan martabat masyakat Sumatera Barat, yang menjadi semangat besar kita bersama insan pers dan pemerintah daerah," ungkapnya. (zd)

 
Top