Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto terbang langsung dari Qatar ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pagi tadi. Tujuannya adalah untuk menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam galodo, banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat.

Bantuan diserahkan melalui Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Bupati Agam Andri Warman. Dua daerah ini merasakan dampak terparah dengan korban jiwa lebih dari 50 orang. Infrastruktur banyak yang rusak dan juga areal pemukiman dan pertanian warga yang banyak tidak bisa diselamatkan.

Prabowo menyerahkan bantuan berjumlah 17 truk yang berisi 20 ton beras, ribuan selimut, 10 ribu boks mi instan dan obat-obatan untuk korban bencana serta kebutuhan lainnya.

"Saya berduka cita, berbelasungkawa kepada masyarakat korban terdampak. Saya datang melihat dan memberi bantuan yang diberikan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) serta unsur lain-lain. Semoga semua tabah menerima dan kita semua bisa segera bangkit dan pulih," kata Prabowo di VIP BIM sebelum kembali terbang ke Jakarta.

Pihaknya, menurut Prabowo, memastikan akan memantau terus apa yang bisa dibantu. “Ya, tadi sudah dicatat masalah yang disampaikan. Kami mengerti bahwa negara kita rawan bencana. Kita harus lebih siap dan lebih mengatur langkah-langkah pengerahan sumber daya yang kita miliki," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI asal Sumbar, H Andre Rosiade menyebutkan, saat mendengar kabar bencana kembali terjadi di Sumbar ketika bertugas di luar negeri, Prabowo langsung meminta tim untuk memastikan kedatangannya ke Sumbar.

Prabowo ingin memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana banjir lahar dan longsor di Sumbar, terutama di Kabupaten Tanah Datar dan Agam.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu masyarakat yang terdampak bencana alam ini. Ini juga bukti bagaimana pak Prabowo sangat peduli terhadap masyarakat Sumbar. Dari luar negeri langsung terbang ke Sumbar," kata Andre Rosiade yang sebelumnya meminta Gerindra mendirikan posko dan dapur umum di dua lokasi terdampak itu.

Andre menyebut, kedatangan Prabowo menunjukkan, dia tidak pernah melupakan Sumbar. “Pak Prabowo berkomitmen membangun Sumbar. Bahkan langsung bertanya soal penanganan bencana kepada kepala BNPB, dan memastikan semua dibangun kembali sesegera mungkin. Pak Prabowo terus menunjukkan kepedulian kepada Sumbar,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Gubernur Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto yang telah memberikan bantuan. “Bantuan ini sangat berharga untuk masyarakat terdampak bencana di Agam dan Tanah Datar. Sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini,"  tuturnya. (*)

 
Top