Faktual dan Berintegritas



PADANG -- Pemerintah Kota Padang mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai) XXI Sastra Jepang yang diselenggarakan Universitas Bung Hatta (UBH), Sabtu (25/5).

Pj. Wali Kota Padang yang diwakili Kabag Administrasi Pembangunan dan Perencanaan, Erwin menyebut banyak hal yang bisa dipelajari dari negara sakura itu,  misalnya kedisplinan,  kebersihan dan cara bekerja.

"Konsistenlah untuk menyelenggarakan festival ini untuk mengenali dan mempelajari Budaya Jepang. Saat ini, Pemko Padang juga tengah mempersiapkan tenaga kesehatan ke Jerman," katanya di Aula Kampus UBH di Air Pacah. 

Erwin menambahan, tidak banyak Perguruan Tinggi yang mempunyai Prodi Sastra Jepang,  penguasaan bahasa asing menjadi tantangan dalam menembus pasar kerja.

"Kuasai bahasa asing agar menembus pasar kerja. Tentunya kita juga berharap Festival Kebudayaan Jepang  ini juga dapat berkolaborasi dengan Pemko Padang," harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Diana Kartika mengatakan Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai) merupakan kegiatan rutin tahunan Program Studi Sastra Jepang sejak 2001. Sebagai wadah untuk menyalurkan antusias masyarakat Sumbar terhadap ketertarikan Bahasa dan Kebudayaan Jepang tanpa meninggalkan kebudayaan Minangkabau.  

"Sastra Jepang di Universitas Bung Hatta  juga didukung berbagai program untuk meningkatkan kompetensi seperti program pertukaran pelajar hingga program magang ke Jepang. Di samping itu, setiap tahunnya UBH menjadi tuan rumah pelaksanaan ujian kemampuan Bahasa Jepang yang membawahi wilayah Sumatra Bagian Tengah (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri)," jelas rektor UBH itu. (dkf)

 
Top