Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akhirnya menetapkan empat calon Ketua Harian PWI Sumbar dan dua calon Ketua DKP PWI Sumbar untuk bertarung di Konferensi Luar Biasa (KLB) 22 Mei 2024. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan bakal calon yang mendaftar.

Sebelumnya, ada lima bakal calon Ketua Harian dan dua bakal calon Ketua DKP yang mendaftar dengan mengembalikan formulir pendaftaran. Kelima bakal calon tersebut, Adrian Tuswandi, Almudazir, Heranof Firdaus, Revdi Iwan Syahputra dan Widya Navies yang saat ini Plt Ketua PWI Sumbar.

Sedangkan dua bakal calon Ketua DKP PWI Sumbar adalah Eko Yanche Edrie dan Zul Effendi yang kini menjabat Ketua DKP PWI Sumbar.

Dari surat keputusan PWI Pusat No: 392/PWI-P/LXXVIII/2024 tertanggal 20 Mei 2024, ditandatangani Ketua Umum PWI Pusat Hendri CH Bangun, Ketua Bid Organisasi Zulmansyah Sekedang, Sekum Sayid Iskandarsyah disebutkan, kedua bakal calon Ketua DKP PWI Sumbar ditetapkan memenuhi syarat menjadi calon Ketua DKP PWI. Empat dari lima bakal calon Ketua Harian PWI Sumbar ditetapkan memenuhi syarat menjadi Ketua Harian PWI Sumbar.

Keempat bakal calon yang ditetapkan memenuhi syarat tersebut,  Adrian Tuswandi, Almudazir, Heranof Firdaus dan Widya Navies. Satu bakal calon lainnya, Revdi Iwan Syahputra ditetapkan tidak memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Dasar (PD) PWI Pasal 26 ayat 2 (a). Point ini berbunyi Sudah menjadi Anggota Biasa sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. 

Setelah keluarnya keputusan tersebut, PWI Sumatera Barat menindaklanjuti dengan mencetak surat suara. Ada empat calon Ketua Harian PWI Sumbar,  Adrian Tuswandi, Almudazir, Heranof Firdaus,  dan Widya Navies. Calon Ketua DKP PWI Sumbar adalah Eko Yanche Edrie dan Zul Effendi.  

"Nomor urut didasarkan saja sesuai abjad nama," kata Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sekedang yang akan hadir bersama Haris Sadikin, Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat, saat Konferensi Luar Biasa PWI Sumbar, di Padang, Rabu (22/5)

DPT 300 Orang

Di sisi lain, Senin (20/5) siang kemarin, PWI Pusat mengirimkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbaru, sekaligus mencabut DPT sebelumnya. Pada pemberitaan terdahulu, ada 299 orang pemilih yang terdaftar. Pada DPT terbaru yang dikeluarkan PWI Pusat, ada 300 orang di dalam daftar pemilih tetap.

Berkaitan dengan persiapan panitia, Ketua OC Sawir Pribadi dan Sekretaris Panitia Firdaus Abie menyebutkan, dijadwalkan semua persiapan akan selesai pada Selasa (21/5), sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berlangsung sesuai jadwal.

“Kita juga sudah mendapat jadwal penerbangan pengurus PWI Pusat ke Padang,” kata Sawir.

Surat Mandat

Hal lain dari pelaksanaan KLB, panitia juga menyediakan Surat Mandat bagi peserta pemegang hak suara yang tidak bisa hadir. Mereka bisa memberikan hak suara memilih dengan memberikan Surat Mandat kepada peserta KLB yang juga memiliki hak suara untuk memilih. Maksimal satu orang pemegang Surat Mandat hanya boleh menerima mandat dari dua orang pemberi mandat.

Plt Ketua PWI Sumbar Widya Navies menyebutkan, persiapan maksimal sudah dilakukan panitia. Ia berharap, semua Anggota Biasa PWI Sumbar dapat menghadiri KLB sebagai forum tertinggi untuk mengambil keputusan bagi PWI Sumbar untuk memilih Ketua Harian PWI Sumbar dan Ketua DKP PWI Sumbar, periode lima tahun ke depan. (*)

 
Top