Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA --  Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar temui Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di ruang kerjanya, Kamis (24/2). Wagub menyambut jajaran Senior Manager yakni Senior Manager Distribusi Arif Pramudya, Senior Manager Perencanaan Dicky Hiwardi, dan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Nova Sagita.

Di awal perbincangan, PLN menyampaikan tentang kondisi kelistrikan Kepulauan Mentawai dan perlunya dukungan pemerintah dari segi infrastruktur maupun kebijakan untuk mempercepat Mentawai berlistrik 100%.

Di Pulau paling atas Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut, ada 1 PLTBm yang tersambung dengan 1300 pelanggan di Desa Saliguma, Madobag, dan Matotonan. Namun PLTBm tersebut tidak beroperasi kembali. Senior Manager Perencanaan Dicky Hiwardi menjelaskan, PLTBm tidak beroperasi karena beberapa kendala, seperti dukungan Perusda yang tidak berlanjut hingga bahan baku limbah bambu yang belakangan tidak memenuhi kapasitas yang dibutuhkan pembangkit.

Senior Manager Distribusi Arif Pramudya melanjutkan, PLN bergerak cepat mengantisipasi dengan melalukan suplai lewat PLTD. ‘’Padahal PLTBm tersebut dibangun untuk mengurangi penggunaan PLTD, sebagai upaya pengembangan EBT sekaligus pembangunan daerah 3T,’’ lanjutnya.

Dicky menyampaikan, penggunaan PLTBm pun memberikan potensi penghematan jauh lebih besar dibandingkan PLTD. Dicky berharap ada solusi berkelanjutan dari pemerintah Sumatera Barat untuk keberlanjutan PLTBm tersebut.

Selanjutnya, mengingat Wagub adalah pejabat publik yang sangat mendukung pelaku UMKM, manajemen PLN mengajak Wagub untuk bersama-sama memajukan pelaku UMKM melalui Fitur "Marketplace" yang terdapat pada Aplikasi PLN Mobile.

Disampaikan Nova Sagita, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, “Marketplace” pada PLN Mobile merupakan wujud pembinaan dan pengembangan dari PLN agar usaha-usaha kecil dapat naik kelas. Melalui fitur ini pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara virtual. 

‘’Proses bergabung menjadi merchant di “Marketplace” PLN Mobile pun terbilang mudah. Para pelaku UMKM hanya tinggal melakukan pengisian profile dan mendaftarkan akun tokonya. Kalau telah memiliki akun merchant sendiri, akan langsung terhubung dengan platform Iconcash, dimana sistem pembayaran dan bonus serta pendapatan bisa langsung terintegrasi dengan platform ini,’’ sebut Nova.

Lanjut Nova, PLN Mobile ingin menjawab lebih banyak kebutuhan pelanggan pada umumnya, yaitu memenuhi kebutuhan pelayanan kelistrikannya sekaligus berbelanja di Fitur Marketplace. ‘’Kami ingin layanan-layanan itu didapatkan mudah lewat genggaman dan lewat satu aplikasi saja.’’

Wagub antusias untuk mencoba langsung Fitur “Marketplace” PLN Mobile seraya menyarankan sosialisasi bersama kepada pelaku UMKM yang tersebar di Sumbar. Wagub sangat mengapresiasi jika PLN dapat menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan UMKM asli daerah.

‘’Cara mempromosikan UMKM memang sudah berubah. Kita harus beralih ke media sosial dan teknologi digital. Saya sangat support jika PLN bisa menjadi mitra untuk mengembangkan UMKM asli daerah melalui “Marketplace” PLN Mobile ini,’’ ungkapnya. (rls)

 
Top