Faktual dan Berintegritas


SAWAHLUNTO, SWAPENA --  Masyarakat, pers dan pemerintah Kota Sawahluto menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membangun museum di kediaman Jamaluddin Adinegoro, Talawi, Kota Sawahlunto,  Provinsi Sumatera Barat. Janji itu diutarakan Presiden saat kunjungan ke kediaman tokoh pers tersebut pada 2018 lalu.

"Ada dua obsesi kami saat ini. Pertama menjadikan Adinegoro sebagai pahlawan nasional dan kedua membangun museum besar sebagaimana dijanjikan Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu," kata Walikota Sawahlunto diwakili Asisten 1 Bidang Administrasi Pembangunan Kota Sawahlunto, Irzam K saat menyambut rombongan keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Sumatera Barat dan Humas Polda Sumbar, di kediaman Adinegoro, Sabtu (19/2).

Khusus menjadikan Adinegoro sebagai pahlawan nasional, saat ini tengah diperjuangkan. "Mudah-mudahan segera terwujud menyusul Roehana Keddoes yang sudah lebih awal mejadi pahlawan nasional," kata Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus.

Kedatangan rombongan keluarga besar PWI Sumbar di kediaman Adinegoro tersebut sebagai anjangsana dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 tingkat Sumatera Barat. Bersama rombongan terdapat Humas Polda Sumbar yang dipimpin Kombes Pol Satake Bayu Setyanto. Ikut pula pengurus dan anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sumbar.

Selain ke kediaman Jamaluddin Adinegoro, anjangsana juga dilakukan ke kediaman Roehana Koeddoes, wartawan perempuan pertama Indonesia di Koto Gadang, Kabupaten Agam. Kegiatan difasilitasi penuh oleh Polda Sumbar. (sp)

 
Top