Faktual dan Berintegritas


AGAKNYA inilah masjid yang paling layak disebut sebagai masjid terapung. Sebab, masjid ini terletak  di teluk arah tengah laut. 

Bayangkan untuk sampai ke masjid, harus menempuh jalan 1,5 Km. Jalan ke masjid pun dibuat dengan cara mereklamasi teluk.

Itulah Masjid Al Alam Kita Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Masjid ini menjadi ikon kota itu yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun regional atau yang data g dari provinsi lain.

Dikutip dari wikipedia, Masjid Al Alam yang juga dijuluki dengan  masjid terapung itu digagas dan mulai dibangun 17 Oktober 2010 di masa kepemimpinan Gubernur Sultra Nur Alam dan diresmikan penggunaannya pada 2018 lalu. Empat menara masjid tersebut dirancang oleh arsitek asal Sulawesi Selatan bernama Mursyid Mustafa.

Tiang-tiang masjid semuanya di dalam laut. Selain bangunan utama sebagai masjid, juga ada bangunan lain untuk tempat berwudhu. 

Posisi persis Masjid Al Alam di Teluk Kendari. Untuk menuju ke masjid ini, para pengunjung melewati hutan bakau. Pemerintah setempat telah mereklamasi dan membuat jalan masuk maupun keluar. Di pintu gerbang ada pemberitahuan bahwa jarak ke dalam 1.500 meter. (Sawir Pribadi)

 
Top