Faktual dan Berintegritas

Muhammad Nuh 


JAKARTA - Semua pihak yang berkecimpung di dunia pers diminta untuk selalu meningkatkan kualitas dunia pers Tanah Air. Satu syarat yang diperlukan agar kualitas dunia pers RI baik adalah uji kompetensi wartawan (UKW).

"UKW itu menjadi syarat kalau kita mau meningkatkan kualitas dunia pers kita. UKW menjadi syarat dan konten UKW juga harus di-upgrade terus sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/2).

Lebih jauh Ketua Dewan Pers itu menginginkan setiap insan pers tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas. Namun, dari apa yang diketahui insan pers itu penting untuk mendalami hingga ke akar-akarnya.

Ia menyebut kompleksitas dunia pers ke depan akan semakin rumit. Sebab, ilmu pengetahuan akan terus berkembang. "Kehidupan itu kalau ilmu pengetahuannya nggak ada, ya selesai. Oleh karena itu, ke depan, yakinlah semakin kompleks kehidupan ini, termasuk apa yang dihadapi oleh dunia pers," kata M Nuh sebagaimana dikutip detikcom.

Di kesempatan itu, Nuh juga menyinggung tentang wartawan spesialis. "Wartawan spesialis itu adalah wartawan yang masuk ke dalamnya lebih jauh di banding dengan perluasan, yaitu wartawan generalis, apa saja tahu, tapi tahunya ya sedikit-sedikit. Nah, kita ingin ada wartawan tahu di satu titik tapi sampai dalam akar-akarnya dia pun juga tahu," harap dia. (*)

 
Top