Faktual dan Berintegritas


SOLOK, SWAPENA -- Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (7/2),  melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), tahun pelajaran 2021/2022. Kegiatan itu diilaksanakan selama 5 hari akan berlangsung Sabtu (12/2), di ruang pertemuan OSIS sekolah itu. 

Tampil sebagai nara sumber guru-guru SMP Negeri 3 Gunung Talang, seperti Arhaya Umil Fkri, Nurhayani, Mutia Eva, Warneri dan lainnya. Kegiatan tersebut dibuka Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahrahraga Kabupaten Solok,  diwakili pengawas sekolah, Waitlem.

Hadir Kepsek SMPN 3 Gunung Talang, Yenni, S.Pd, Ketua Komite Sekolah, Sofriwandy NR, dan Wakil Darlamsyah, Pembina OSIS, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan sebanyak 26 pengurus OSIS, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tema yang diangkat yakni “Membangun Kepemimpinan yang Cerdas dan Berkarakter“. 

Menurut Waitlem, LDK ini merupakan sebuah bentuk kegiatan peningkatan sumber daya siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi dalam hal ini adalah OSIS serta melatih kedisiplinan dan kolaborasi/kerja sama.

"Kita harapkan para peserta bisa memahami latihan dasar kepemimpinan, sebelum mereka terjun ke tengah-tengah masyarakat dan sebelum menjadi pemimpin yang sebenarnya," papar Waitlem.

Pihaknya mengajak siswa, untuk bangga dengan sekolahnya pada saat ini dan setelah tamat nanti.

Di hari pertama kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepsek SMPN 3 Guntal, Yenni, S.Pd, sekaligus penanggung jawab kegiatan. 

Menurut Yenni, S. Pd, materi yang diberikan pada hari pertama adalah keorganisasian OSIS dan MPK, keagamaan, surat menyurat, wawasan kebangsaan NKRI, bahaya narkoba, PBB, kepemimpinan dan lainnya.

Sementara Ketua Komite SMPN 3 Gunung Talang, Sofriwandy NR, berharap agar di saat memberi materi dan di sela-sela pemaparan materi,  siswa selalu diberikan waktu untuk ice breaking agar peserta tidak merasa jenuh mengikuti kegiatan.

"Kepada pengurus OSIS yang mengikuti LDK ini, untuk dapat menjadi teladan kepada siswa lain, menunjukkan pribadi yang cerdas dan berkarakter serta dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh di lingkungan masyarakat sekitarnya," harap Sofriwandy. (wd)

 
Top