ALAHAN PANJANG, Swapena - Penampakan harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) di Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tidak hanya di satu tempat, melainkan pada beberapa kawasan. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Camat Danau Kembar, Eka Putra menduga ada harimau lain selain harimau yang menampakkan diri di Jalan Raya yang menghubungkan Lubuk Selasih - Alahan Panjang itu. Harimau lain itu disebut memiliki postur tubuh lebih kecil dibanding yang melenggang santai di pinggir jalan, sebagaimana video viral yang diberitakan swapena.com sebelumnya. 

"Kemungkinan harimaunya tidak sama. Yang satu agak besar. Sedangkan yang satu lagi laporannya agak kecil," kata Eka Putra dikutip detikcom, Kamis (3/12).

Ia menjelaskan laporan terkait terlihatnya harimau lain diterimanya usai kemunculan harimau pertama di jalan raya kawasan Simpang Tanjuang Nan Ampek tersebut. Jarak antara penampakan pertama dengan kedua diperkirakan 2 kilometer.

"Setengah jam setelah kemunculan harimau pertama, kami juga menerima laporan dari warga yang tinggal di Jorong Rawang Gadang bahwa ada harimau juga yang muncul. Lokasinya itu sekitar dua kilometer dari lokasi awal," jelas dia.

Terkait itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan hingga harimau tersebut dipastikan kembali ke habitatnya atau ditangkap oleh pihak yang berwenang.

Kepala Resort Konservasi Wilayah Solok Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Afrilius, mengatakan semua pihaknya berupaya mengembalikan si raja hutan tersebut ke habitatnya. (*/dtc)

 
Top