PADANG, Swapena  - 
 Beragam cara mengajak warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat Plikada serentak 9 Desember 2020 ini. Salah satunya dengan mendekorasi TPS agar terlihat unik dan menarik.

Seperti di Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Petugas di TPS 15 tampil beda. Mereka mengenakan helm berbentuk virus corona sambil melayani para pemilih yang datang.

Tidak saja mengenakan helm berbentuk virus, akan tetapi panitia setempat juga menggantung belasan replika virus berwarna ungu di langit-langit plafon rumah tempat berdirinya TPS tersebut. Hal ini menambah kesan bahwa virus corona berterbangan di mana-mana dan mesti diwaspadai.

Kehadiran seorang petugas mengenakan hazmat juga semakin menambah kontras suasana pandemi yang tengah terjadi saat ini.

Ketua TPS 15 Limau Manis Selatan, Agusmanto menyebut, dekorasi suasana pandemi di TPS nya itu sengaja didesain agar warga sadar dengan bahaya Covid-19. Apalagi pemerintah mengimbau kepada seluruh warga untuk mengenakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, serta tidak berkerumun.

“Kita sengaja mendekorasi TPS agar terlihat berbeda,” kata Agusmanto, Rabu (9/12/2020) pagi.

Agusmanto tidak menerapkan shift bagi pemilih. Begitu datang, pemilih dapat langsung memasuki bilik suara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

Selain menyediakan tempat cuci tangan, di TPS 15 juga disiapkan bilik khusus pemilih yang bersuhu tubuh di atas normal.

“Makanya sebelum masuk TPS kita ukur suhu tubuh dulu,” terangnya.

Sebanyak 386 pemilih terdata di TPS 15 ini. Pemilih berdatangan sejak pagi untuk mencoblos. Penghitungan suara dilakukan setelah pukul 13.00 WIB. (ch/kmf)

 
Top