PASBAR, Swapena - Masyarakat bersama Pemerintahan Nagari Katiagan, Kabupaten Pasaman Barat mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat nagari tahun anggaran 2021, Rabu (30/12)

Walau tanpa dihadiri satupun dari empat wakil rakyat stau anggota DPRD Pasbar asal Kecamatan Kinali, berbagai butir rencana kegiatan  yang dihimpun melalui penjaringan aspirasi tetap dipapar luaskan saat itu.

Acara berlangsung lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Selain Wali Nagari Katiagan Endang Putra dan jajaran, juga hadir Ketua Bamus Nagarai Katiagan Zukmil, Camat Kinali dan sejumlah unsur OPD, Babinsa dan Babinkantibmas Sektor Kinali.

"Musrembang ini merupakan tahapan dan wadah dalam merangkum aspirasi masyarakat nagari, sebagai acuan realisasi kegiatan yang akan diakomodir tahun anggaran 2021 mendatang. Kita sangat berharap, berbagai poin penting yang disematkan didalamnya dapat menggenjot kualitas dan kuantitas seluruh sektor kemaslahatan nagari," ulas Endang Putra.

Di antaranya lanjut walinagari yang akrab disapa Mak Uniang itu, baik di segi infrastruktur, pemberdayaan, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, keagamaan, pelayanan dan lainnya. Hal tersebut tanpa mengenyampingkan berbagai realisasi aspirasi pembangunan yang dibutuhkan masyarakat tahun anggaran sebelumnya, terutama selama masa kepemimpinannya di nagari pantai barat tersebut.

Terpisah, terkait ketidak hadiran anggota DPRD Pasbar, sejumlah masyarakat mengaku sedih. Hal ini diungkapkan langsung oleh pemangku adat setempat Nurul Hidayat Nakhodo Rajo yang juga anggota Bamus Nagarai Katiagan.

"Seperti 'tamparan', inilah catatan besar bagi kami warga terpencil ini. Harusnya sebagai wakil rakyat mestinya mereka menyadari bahwa kursi kehormatan yang mereka duduki saat ini diperoleh atas suara rakyat badarai, dan maka dari itulah mereka mestinya harus pro rakyat. Bukan hanya datang diwaktu butuh dipilih dan lupa setelah terpilih," gumam Nurul Hidayat NR.

Dikatakan, semoga alasan ketidak hadiran empat wakil rakyat asal Kinali tersebut bukan kunker atau studi banding, dan semoga juga bukan sakit atau tidak di undang.  "Alhamdulillah, Musrembang berjalan lancar, berbagai butiran rencana kegiatan hasil retasan penjaringan aspirasi masyarakat telah tersampaikan. Semoga tahapan selanjutnya berjalan lancar," sebutnya mengakhiri. (ad)

 
Top