PADANG, Swapena - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat akhiri 2020 dengan dua kegiatan sekaligus. Ke dua kegiatan itu adalah rapat koordinasi daerah (rakorda) dan Karya Latihan Wartawan (KLW).

Dua kegiatan tersebut diselenggarakan Kamis (31/12) di kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Azis Chan, Padang. Kegiatan diikuti pengurus dan anggota PWI kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus mengatakan dua kegiatan dimaksud sengaja digelar pada akhir tahun agar pergantian tahun bermanfaat bagi para wartawan anggota PWI. "Ini adalah program yang terencana, namun terganggu oleh adanya pandemi," sebut dia.

Khusus kegiatan rakorda diselenggarakan untuk melihat sejauh mana program 2020 terealisir di seluruh PWI kabupaten/kota, sekaligus membicarakan program ke depan. "Ternyata hampir semua program PWI kabupaten/kota terganggu bahkan ada yang tidak bisa dilaksanakan sama sekali, seperti uji kompetensi wartawan (UKW)," ujar Heranof.

Sementara KLW diselenggarakan untuk memberi wawasan bagi wartawan calon anggota PWI. Sebab banyak di antara wartawan sekarang yang tidak memahami PWI sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia. "Selain itu tentu juga pembekalan tentang jurnalistik," sambung dia.


Ketua Penyelenggara, Eko Yance Edrie mengatakan, rakor di hari terakhir tahu  2020 dihadiri seluruh ketua dan sekretaris PWI kabupaten/kota se-Sumatera Barat. "Banyak hal yang kita bahas, mulai dari program kerja tahun 2020 yang terganggu Covid-19 sampai sarana dan prasarana PWI kabupaten/kota," sebut Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumbar itu.

Dijelaskan, hingga hari ini masih banyak persoalan dihadapi PWI kabupaten/kota, antara lain banyak yang belum punya kantor sekretariat representatif, soal sumber daya manusia dan lain sebagainya. Semua itu secara bertahap akan dipenuhi. (sp)

 
Top