Faktual dan Berintegritas

 

Dr. H. Helmi, M.Ag  

SOLOK, SWAPENA -- Dr. H. Helmi, M.Ag, resmi dilantik sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumbar oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (13/10) di Jakarta. Dia melanjutkan kepemimpinan Pelaksana Tugas H. Syamsuir pasca jabatan ini ditinggalkan H. Hendri, yang telah ditugaskan pula sebagai Kepala Biro di UIN Imam Bonjol Padang.

Sebelumnya, Helmi hanya sempat menjalankan tugas sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok selama 69 hari saja. Mantan Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman ini dilantik oleh Sekjen Kemenag RI pada 4 Agustus 2021 yang lalu. Kini, Helmi resmi menjadi nakhoda di Kemenag Sumbar setelah Menteri Agama Yaqut kemarin melantiknya di Gedung Kementerian Agama RI Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. 

Perjalanan Helmi menjadi Kakanwil telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Saat dirinya dilantik sebagai Kakan Kemenag Kabupaten Solok, proses seleksi administrasi tengah berjalan. Helmi termasuk salah satu yang lolos seleksi.

Helmi dinyatakan lulus bersama H. Alizar yang digantikannya sebagai Kakan Kemenag Kabupaten Solok, dan berhak mengikuti asesmen pejabat tinggi pratama Kementerian Agama.

Selain Helmi dan Alizar, juga ikut Asesmen ini, di antaranya Abrar Munanda, Kakan Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan. Masdan, Kakan Kemenag Kabupaten Kepulauan Mentawai. M. Nur Kakan Kemenag Kab. Pasaman Barat, dan Ramza Husmen, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh serta Syamsul Arifin yang saat ini menjabat Kabid Pendidikan Madrasah di Kanwil Kemenag Sumbar. 

Tahapan demi tahapan dilalui, selain ujian tulis di UIN Imam Bonjol Padang, Helmi dan kandidat lainnya juga mengikuti interview daring.

Dengan dilantiknya Helmi sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, terjawab sudah teka-teki pasca jabatan ini ditinggalkan Hendri. 

Helmi menjadi orang ketiga dari Kemenag Kabupaten Solok yang menjadi Kakanwil Kemenag Sumbar dalam 15 tahun terakhir. Sebelumnya ada Salman K. Memed, kini sudah pensiun. Lalu, Syahrul Wirda, yang kini dipercaya sebagai Kakanwil Kemenag Sumatera Utara, dan kini Helmi, yang baru saja dilantik kemarin. (ww)


 
Top