Faktual dan Berintegritas

dr. Elfizon Amir  

PADANG, SWAPENA -- Dalam rangka Hari Dokter Indonesia ke-71, Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Padang, Sumatera Barat  melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal, Sabtu (23/10). Kegiatan iru diselenggarakan atas kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Padang dan Human Initiatif.

Durektur RSI Padang, dr. Elfizon Amir, mengatakan, vakinasi massal yang yang dilaksanakan ini sekaligus  dalam rangka mensukseskan program vaksinasi untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Dengan langkah ini diharapkan segera terbentuk herd immunity di masyarakat.

Ia menyebutkan,  masyarakat antusias mengikuti vaksinasi tersebut.  "Dari pendaftaran online tercatat sebanyak 523 orang dan di tempat pendaftaran (offline) juga sudah ratusan orang yang mendaftar," sebut dia.  

Lebih jauh dikatakan, 90 persen pendaftar merupakan penerima vaksin pertama dan sisanya penerima vaksin kedua.  "Dari pendaftaran online, tercatat 50 persen peserta memilih vaksin pfizer dengan alasan mereka akan berangkat keluar negeri untuk umrah.  Mereka sudah lama mendaftar umrah namun masih tertunda karena masa pandemi," tersng Elfizon.  

Sekarang dengan dibukanya kesempatan untuk umrah bagi jamaah Indonesia, masyarakat  berusaha untuk memenuhi persyaratan yang diberikan.  "Salah satunya telah mendapat vaksin," lanjut dia.

Panitia menargetkan vaksinasi masal hari ini bisa mencapai 1.000 peserta. "Untuk itu sudah disediakan tim vaksin sebanyak 10 tim agar kegiatan bisa berjalan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Untuk menjaga agar protokol kesehatan tetap terjaga, peserta dibagi berdasarkan jam pendaftaran.  Dengan demikian peserta tidak datang bergerombolan pada saat bersamaan," tutup Elfizon menerangkan. (sp)

 
Top