Faktual dan Berintegritas


PAYAKUMBUH, SWAPENA  -- Wakil Walikota Payakumbuh, H. Erwin Yunas dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo membuka Festival Arung Jeram Batang Agam 2021. Seremoni dimulainya festival tersebut ditandai dengan meniup terompet di kawasan Batang Agam Payakumbuh, Sabtu (23/10).

Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 itu dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat  dan Pemko Payakumbuh. 

H. Nurkholis Dt. Bijo Dirajo saat diwawancara via telepon mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan demi meningkatkan potensi daerah dan Kota Payakumbuh memiliki Batang Agam yang sangat cocok untuk olahraga arung jeram ini. "Arung jeram merupakan olahraga yang ekstrem, sangat jarang ada di pusat kota. Ini akan menjadi pendongkrak potensi wisata di Payakumbuh, juga nantinya akan menjadi tempat latihan bagi pecinta olahraga arung jeram di Payakumbuh. Sehingga Payakumbuh bisa melahirkan atlet-atlet yang membanggakan nantinya," jelasnya.

Lebih lanjut, Wakil Walikota Erwin Yunas berharap, dengan adanya kegiatan ini, tentunya bisa menjadi salah satu aspek untuk memajukan ekonomi masyarakat. “Mudah mudahan iven arung jeram ini bisa menjadi salah satu program yang bisa sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat, selain menjadi wahana wisata air bagi masyarakat," kata pencetus Kota Randang itu.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh, Desmon Karina. Ia berharap agar pariwisata arung jeram di Kota Payakumbuh dapat berkembang dan juga menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat.

Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 rencananya digelar selama dua hari, 23-24 Oktober 2021 dan terbuka untuk umum. Adapun yang hadir dalam pembukaan festival Arung Jeram tersebut selain H. Nurkholis Dt. Bijo Dirajo, Wawako Payakumbuh Erwin Yunas, juga terlihat pejabat Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh Desmon Karina, dari kepolisian, Satpol PP dan Dishub. Acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehat. (far)

 
Top