Faktual dan Berintegritas


PARIAMAN, SWAPENA -- Melalui persaingan ketat dengan selisih satu suara, akhirnya Ikhlas Bakri akhirnya terpilih menjadi Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Padang Pariaman dan Kota Pariaman periode 2021-2024. Ia terpilih dalam Konferensi PWI, Sabtu (23/10) petang di Kantor PWI, Jalan SB Alamsyah Kota Pariaman.

Dalam pemilihan, Ikhlas Bakri memperoleh 9 suara. Sedangkan pesaingnya Darmansyah Darwis memperoleh 8 suara, dan satu suara dinyatakan  abstain. "Dengan hasil perolehan suara 9 anggota biasa ini, Ikhlas Bakri ditetapkan sebagai Ketua PWI Padang Pariaman dan Kota Pariaman," kata pimpinan sidang Indra Sakti, SH.MM sambil mengetuk palu, tok.. tok.. tok..

Sebagai ketua PWI terpilih Ikhlas Bakri langsung menjadi Ketua Formatur, dengan anggota formatur Widya Navies (PWI Sumbar), Warman (PWI Pariaman Demisioner), Darmansyah (Anggota Biasa) dan Fadil Idham (Anggota Biasa).

Kepada pers usai terpilih, Ikhlas Bakri mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas anggota PWI, baik melalui pelatihan maupun mengikuti uji kompetensi. Selain itu, akan mencari pola kemitraan PWI dengan lembaga lain untuk kesejahteraan anggota, misalnya menggerakkan koperasi.

"Program yang baik dari pengurus PWI lama akan diteruskan, dan ke depannya akan lebih banyak kerja sama dengan lembaga pendidikan dan ekonomi untuk kualitas dan kesejahteraan anggota PWI," kata Ikhlas Bakri.

Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos yang membuka Konferensi PWI Padang Pariaman dan Kota Pariaman ini mengaku senang karena tingginya antusias anggota terhadap organisasi. Antusiasme itu ditunjukkan oleh semangat mengikuti konferensi.

Dengan terpilihnya Ikhlas Bakri sebagai Ketua yang baru menggantikan Ahmad Damanhuri Tuanku Mudo, Heranof Firdaus mengucapkan selamat dan berharap PWI makin berjaya ke depannya, terutama untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan anggota PWI.


Dipesankan oleh Heranof Firdaus agar PWI merangkul pemerintah daerah untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga semakin banyak jumlah wartawan yang berkompeten beroperasi di daerah ini.

"Semakin banyak wartawan yang telah UKW, maka yang beruntung itu adalah PWI dan Pemda karena memiliki wartawan yang kompeten dan tentunya akan melahirkan karya jurnalistik yang berkualitas pula," kata Heranof Firdaus, yang didampingi Ketua DKP PWI Dr. Ir Basril Basyar, MM., dan pengurus PWI lainnya Sekretaris Widya Navies, Jayusdi Efendi, Gusfen Khairul dan Eko Yance Edrie.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus membuka peluang dimekarkannya PWI Padang Pariaman dan Kota Pariaman menjadi organisasi sendiri, sehingga kedepannya ada PWI Kota Pariaman dan PWI Padang Pariaman. Selain untuk memudahkan pelayanan anggota PWI, pemekaran organisasi ini juga dimaksudkan untuk memantapkan kemitraan dengan Pemerintah Daerah.

Ketua Panitia Konferensi PWI Bagindo Armaidi Tanjung mengaku puas atas terselenggaranya konferensi dengan lancar, hingga diterimanya Laporan Ketua PWI yang lama dan menghasilkan Ketua PWI Terpilih Ikhlas Bakri. Selain itu kepemimpinan sidang Indra Sakti, Dedi Salim dan Ery Suger juga berperan dalam konferensi ini.

"Sejak awal Konferensi PWI Pariaman ini diprediksi akan berlangsung panas karena ada riak-riak soal pertangungjawaban dan banyaknya kandidat yang akan maju sebagai Ketua PWI. Alhamdulillah ternyata dengan semangat kebersamaan, anggota PWI dapat berkonferensi dengan sejuk dan demokratis," kata Armaidi Tanjung, yang aktif dalam berbagai kegiatan NU di Sumbar. (*)

 
Top