Faktual dan Berintegritas

Mahfud Md 

JAKARTA, SWAPENA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan keputusan presiden (keppres) untuk menganugerahi gelar pahlawan nasional. Ada empat tokoh dari berbagai daerah yang akan dianugerahi gelar pahlawan.  Kepastian itu diutarakan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, Kamis (28/10)

Dari empat tokoh tersebut tidak ada yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar). Padahal, sebelumnya Sumbar mengusulkan tiga nama untuk dianugerahi gelar pahlawan.

Mahfud yang juga ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan (DGTK itu menuturkan empat tokoh dipilih untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dengan mengutamakan pemerataan daerah sebagai syarat yang paling menonjol.

Ke empat nama tokoh yang akan mendapat gelar pahlawan itu sebagaimana dikutip detikcom  adalah:

1. Almarhun Tombo Lututu (Sulawesi Tengah)

2. Almarhun Sultam Aji Muhammad Idris (Kalimatan Tengah)

3. Almarhum Usmar Ismail (DKI Jakarta)

4. Almarhum Raden Aria Wangsakara (Baanten).

Sebelumnya, Pemerintah Sumatera Barat mengusulkan sejumlah nama tokoh untuk dijadikan pahlawan, salah satu di antaranya adalah Chatib Sulaiman. “Memang tahun ini kita usulkan tiga nama tokoh, “ kata Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal, Kamis (28/10).

Ia menyebitkan tiga tokoh yang diajukan ke pemerintah pusat adalah Chatib Sulaiman dari Limapuluh Kota, Samaun Bakri dan Bagindo Dahlan Abdullah yang keduanya dari  Kota Pariaman. (sp)

 
Top